Sukses

Legenda UFC Ungkap Alasannya Tantang Mike Tyson

Liputan6.com, Jakarta Legenda Ultimate Fighting Championship (UFC) MMA asal Brasil, Royce Gracie pernah menantang Mike Tyson bertarung. Namun tidak seperti Conor McGregor, Gracie ingin menjajal ketangguhan Si Leher Beton dalam pertarungan bebas tanpa sarung tinju.

Sejak era 80-an hingga awal tahun 1990-an tidak ada petinju yang paling ditakuti di dunia selain Mike Tyson. Dia merupakan petinju termuda yang mampu menjadi juara dunia di kelas berat. Tyson dengan pukulan yang mematikan, terkenal buas di atas ring. 

Namun reputasi ini tidak membuat Gracie gentar. Pada tahun 1997, dia menantang Si Leher Beton. Saat itu, karier Tyson memang tengah meredup setelah dua kali kalah dari Evander Holyfield. Meski demikian, bukan berarti kekuatan Tyson panas diremehkan. 

"Saat itu banyak yang menganggap keluarga saya arogan karena menantang Mike Tyson," saat menghadiri acara peluncuran Tatsujin MMA di South Quarter, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017). "Tapi yang ingin kami ingin mencari gaya beladiri apa yang paling kuat, dan untuk itu harus melalui pertarungan. Tanpa pelindung, tanpa batasan waktu, dan tanpa batasan berat badan. Hanya bertarung," kata Gracie menambahkan.  

Gracie mengaku tidak pernah meremehkan Tyson di ring tinju. Baginya si Leher Beton tetaplah merupakan petinju hebat. Tapi menurutnya, Tyson bukan petarung hebat. 

"Tyson bukan petarung hebat. Dia (Mike Tyson) adalah petinju hebat. Itu sebabnya saya tidak menantangnya bertarung tinju," ujar Gracie sembari tertawa. 

1 dari 2 halaman

Jagokan Mayweather Jr

Gracie sendiri merupakan petarung MMA legendaris yang mencuat di awal-awal UFC muncul. Membekali diri dengan ilmu beladiri khas Brasil, Jiu-Jitsu, Gracie telah memenangkan sederet kejuaraan tarung bebas. Dari 20 kali bertanding, Gracie menang 15 kali (1KO, 12 submission dan 2 angka), 2 kali kalah, dan dua kali seri.

Pada pertarungan terakhir 2016 lalu, Gracie sudah berusia 50 tahun dan berhasil mengalahkan rival abadinya, Ken Shamrock. 

Pertarungan Gracie Vs Tyson memang tidak terwujud. Namun petarung UFC lainnya, McGregor justru mengikuti langkahnya menantang juara dunia tinju, Floyd Mayweather Jr. McGregro bahkan sepakat untuk bertarung dalam aturan tinju, 26 Agustus 2017.

Mayweather Jr adalah petinju yang tidak terkalahkan hingga pensiun 2015 dan pernah menyandang gelar juara dunia. "Jika pertarungan berlangsung dalam MMA maka saya pilih McGregor. Tapi karena mereka bertarung di tinju, maka bagi saya Mayweather." 

 

Artikel Selanjutnya
McGregor Tetap Tuai Pujian meski Kalah dari Mayweather
Artikel Selanjutnya
Kalahkan McGregor, Mayweather Jr Kenakan Sabuk Berlapis Berlian