Sukses

NBA: Houston Rockets Cari Pemilik Baru

Pemilik Rockets berencana menjual klub NBA tersebut di musim ini.

Liputan6.com, Houston- Keputusan mengejutkan dibuat pemilik klub NBA Houston Rockets, Leslie Alexander. Setelah 24 tahun, Alexander memutuskan untuk menjual klub yang bermarkas di Toyota Center tersebut.

Alexander membeli Rockets pada musim 1993-1994 senilai 85 juta USD. Bersama Alexander, Rockets meraih masa kejayaan sehingga kini nilai jualnya ditaksir mencapai 1,65 miliar USD. 

Pria 73 tahun itu membawa Rockets juara NBA dua kali beruntun pada tahun 1994 dan 1995. Yang lebih hebat, Alexander meraihnya di dua musim pertamanya sebagai pemilik tim.

Namun sejak juara NBA tahun 1995, Alexander tak lagi mampu membawa Rockets menjadi juara lebih dari dua dekade.

Di bawah kepemilikan Alexander, Rockets pernah mendatangkan pebasket top mulai dari Charles Barkley, Scottie Pippen, Steve Francis, Tracy McGrady, James Harden hingga yang paling baru Chris Paul. 

Alexander juga membuat nama Rockets mendunia ketika pada tahun 2002 memutuskan menjadikan pebasket Tiongkok Yao Ming sebagai pilihan pertama di NBA Draft.

Sebelum memutuskan menjual Rockets, Alexander membuat tiga gerakan. Dia mendatangkan Paul, memperpanjang kontrak general manajer, Daryl Morey, dan memberikan Harden perpanjangan kontrak termahal dalam sejarah NBA senilai 228 juta USD.

"Ini adalah kegembiraan dan kehormatan besar saya dapat memiliki Rockets Houston selama 24 tahun terakhir. Saya memiliki kesempatan luar biasa menjadi saksi kebesaran sejati melalui para pemain dan pelatih yang telah memenangkan kejuaraan untuk kota ini, terpilih masuk All-Star dan All-NBA team, diabadikan dalam Basketball Hall of Fame dan melakukan banyak hal untuk Franchise kami dan fans kami," ujar Alexander dalam keterangan resminya

Proses penjualan Rockets akan dipimpin oleh CEA Tad Brown dengan bantuan pengurus NBA. *

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.