Sukses

Akhir Petualangan Sang Pangeran Roma

Setelah 25 tahun membela Roma, Totti memainkan pertandingan terakhirnya kontra Genoa.

Liputan6.com, Jakarta Teka-teki karier sepak bola mantang bintang AS Roma, Francesco Totti, akhirnya terjawab. Totti memutuskan tidak meneruskan kiprahnya di lapangan alias pensiun.

Totti memang tidak begitu saja meninggalkan dunia sepak bola. "Pangeran Roma" ini akan membuka lembaran baru di luar lapangan.

Totti yang kini berusia 40 tahun memutuskan untuk pensiun dan menjabat posisi di jajaran direksi klub.

"Akhir karier bermain saya adalah pada 28 Mei 2017. Bagi saya hari itu adalah hari bersejarah. Saya akan membawanya selamanya. Akan sulit menjelaskan emosi dan perasaan yang saya rasakan hari itu," ujar Totti di laman resmi klub.

Saat itu, setelah 25 tahun membela Roma, Totti memainkan pertandingan terakhirnya kontra Genoa. Suasana haru menyelimuti Stadion Olimpico, usai pertandingan giornata 38 Serie A tersebut. Bahkan, sebagian fans Roma sempat menangis, karena tak kuasa menahan kesedihan.



Setelah memutuskan tidak melanjutkan kontrak bersama Roma, Totti masih merahasiakan pilihan masa depannya. Namun, Totti masih sempat mengisyaratakan lain.

Pemain yang sudah membela Roma sejak 1992 mengatakan. "Saya bisa menjadi bagian dari dewan Roma direksi dalam satu tahun," kata Totti kepada Canale 5.

"Atau saya masih bisa berada di luar sana, di lapangan bermain sepak bola." *

Totti sebenarnya mendapatkan tawaran bermain di Liga Jepang bersama Tokyo Verdy. Namun, dia menolaknya karena ingin menjadi direktur AS Roma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencetak Gol Terbanyak

Totti adalah pemain yang sangat dicintai suporter Roma. Karena itu, dia sering disebut Pangeran Roma lantaran kesetiannya pada klub.

Totti diberi gelar Pangeran Roma oleh para petinggi klub dan para fans fanatik di seluruh dunia. Totti telah mempersembahkan seluruh kariernya untuk Roma, sejak usia dini dia telah bermain di akademi Roma.

Hingga kini Totti sudah mencatatkan 786 penampilan dan mengemas 307 gol bersama Roma di semua kompetisi.

Totti menutup kariernya di Roma sebagai pemegang rekor penampilan terbanyak (786) dan pencetak gol terbanyak (307). Selama membela Roma, Totti memenangi satu scudetto, dua Coppa Italia, dan dua gelar Piala Super Italia. *

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.