Sukses

MotoGP: Ini Keunggulan Marquez Dibanding Vinales

Modal terkuat Marquez adalah tiga titel gelar juara dunia MotoGP yang pernah diraihnya.

Jakarta Marc Marquez disebut memilliki modal kuat untuk bersaing merebut gelar juara MotoGP 2017. Bahkan, jika dibanding rival terberatnya, Maverick Vinales, Marquez pun dianggap lebih unggul.

Modal tersebut adalah tiga titel gelar juara dunia yang pernah diraihnya. Dengan tiga gelar ini, secara psikologis, Marquez lebih siap dibanding Vinales.

Pendapat soal keunggulan pengalaman Marquez dalam perburuan gelar tersebut disampaikan mantan pebalap MotoGP asal Spanyol, Carlos Checa.

"Marquez punya keuntungan karena dia telah memenangi beberapa titel juara MotoGP, sedangkan Vinales hanya di kelas Moto3. Namun, Vinales juga telah menjadi rival yang berat," ujar Checa, seperti dilansir Speedweek, Selasa (18/7/2017).

Marquez dan Vinales saat ini berdiri pada barisan terdepan di klasemen sementara MotoGP 2017. Marquez bertengger di puncak, hanya unggul lima poin atas Vinales.

Kedua pebalap juga menghadapi persaingan ketat dari Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang menempati posisi ketiga dan keempat. Dovizioso hanya berselisih enam poin dari Marquez, sedangkan Rossi terpisah 10 poin dari sang pemuncak.

Checa mengakui sangat sulit memprediksi perebutan gelar juara dunia musim ini.

"Masalahnya adalah kekuatan Anda pada satu seri, bisa menjadi kelemahan pada seri berikutnya. Semua pebalap tahu itu. Di Barcelona, Vinales lemah, tapi di Le Mans dia menang. Semuanya berubah sangat cepat," ujar Checa.

"Tentu saja, Marquez pembalap yang agresif yang berani mengambil risiko, terutama dalam pertarungan untuk gelar juara MotoGP. Mungkin lebih daripada Vinales," sambung Checa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.