Sukses

PBSI Ubah Pasangan Ganda Putri

Perombakan pasangan ganda putri dilakukan berdasarkan hasil evaluasi enam bulanan PBSI.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pelatih Ganda Putri PP PBSI Eng Hiang akan 'menceraikan' pasangan Anggia Shitta Awanda / Ni Ketut Mahadewi. Meski Anggia / Ni Ketut mencapai babak empat besar pada ajang Indonesia Open 2017, keduanya tetap dipisah.

Keputusan ini berdasarkan hasil evaluasi enam bulanan yang dilakukan pada tim nasional ganda putri penghuni Pelatnas PBSI.

"Soal hasil evaluasi enam bulanan, ada beberapa pasangan yang dirombak. Misalnya Anggia/Ketut, walaupun hasil mereka nggak jelek di Indonesia Open. Dari setengah tahun ini menurut saya ada yang kurang dari mereka, baik teknis maupun non teknis," kata Eng di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Ketut rencananya diduetkan dengan Rosyita Eka Putri Sari, yang sebelumnya berpasangan dengan Della Destiara Haris. Keduanya bakal memulai debut di SEA Games Kuala Lumpur 2017 mendatang.

Eng juga menyebutkan, dari hasil evaluasinya tersebut, awalnya ada beberapa pemain yang akan didegradasi. Tetapi, berkaca pada suksesnya kombinasi pasangan junior-senior pada Greysia Polii / Apriyani Rahayu, dia mengurungkan niatnya dan mencoba pemain-pemain tersebut untuk membimbing junior.

"Ada pasangan yang tidak mungkin dilanjutkan lagi. Memang ada rencana beberapa pemain yang mau didegradasi. Namun, saya pikir ulang dan melihat program Greysia / Apriyani. Kenapa nggak saya minta mereka angkat yang junior? Secara moril maupun confident pemain-pemain muda," papar Eng.

"Saya akan lihat perkembangan pasangan-pasangan baru ini, apakah yang senior mampu membawa yang junior? Kalau nggak bisa juga, dengan kemampuan dia, ya sudah waktunya out. Mau bagaimana lagi? Dipasangkan sama siapa pun nggak bisa, kan?" tambahnya.

Eng akan memantau perkembangan pasangan senior-junior ini hingga akhir 2017 dalam tiga hingga empat turnamen. Sementara itu, pasangan yang masih tetap berpartner adalah Greysia / Apriyani. Sedangkan pasangan main Anggia, Della, Tiara Rosalia Nuraidah, Rizki Amelia Pradipta, dan Nisak Puji Lestari akan diumumkan lebih lanjut.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.