Sukses

Ancaman Bom di Duel Persib Vs Persija, Bobotoh Diminta Kalem

Laga antara Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta diancam teror bom.

Liputan6.com, Bandung - Bobotoh dibuat khawatir. Laga antara Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu (22/7/2017), diancam teror bom.

General Coordinator Panpel Persib Bandung, Budhi Bram Rahman, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian terkait hal tersebut. Dia meminta Bobotoh tidak panik atas pernyataan terduga teroris bom panci Buahbatu Bandung yang merencanakan aksi teror di markas Persib tersebut.

"Bobotoh diharapkan tidak terpancing dengan isu tersebut, meski kita tetap waspada. Kita dengan cepat sudah koordinasi dengan kepolisian dan meminta tetap jangan terpancing karena pelaku itu tertangkap dan tidak ada sangkut pautnya sama sepak bola," kata dia, Rabu (19/7/2017).

Sementara itu Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan jika prosedur keamanan Stadion Gelora Bandung Lautan Api dipastikan berjalan dengan semestinya sehingga jaminan untuk keselamatan Bobotoh cukup tinggi.

Berbagai antisipasi terus dilakukan termasuk kerja sama antara masyarakat di tingkat RT dan RW dengan kepolisian untuk mewaspadai orang mencurigakan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.



"Mengantisipasi terjadinya ledakan bom, teroris pasti milih-milih tempat di mana aja, dia bisa pasar, kafe atau stadion atau bahkan tempat ibadah. Penjahat pasti milih tempat ramai," kata Ridwan Kamil.

"Antisipasi dari kita tentunya standar keamanan di stadion itu sudah memadai. Yang kedua di level RT dan RW, kita sudah deklarasi, maka menyisir warga-warga yang dicurigai dengan sebuah sistem maka kita tandai mudah-mudahan tidak terjadi kan kemarin koordinasi antara masyarakat dan kepolisian sudah berhasil menangkap yang kemarin (teroris) itu menangkap yang kemarin itu komplotan," jelas dia.

Polrestabes Bandung sendiri menyiapkan unit penjinak bom pada duel Persib vs Persija untuk menyisir sekitar area pertandingan setelah pengakuan salah satu pelaku bom panci Buahbatu Bandung yang berencana melakukan aksi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Selain itu ribuan petugas gabungan disiapkan untuk mengamankan pertandingan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.