Sukses

Kejuaraan Bola Voli Asia: Indonesia Targetkan Lolos Delapan Besar

Indonesia tergabung di Grup A bersama Qatar, Kazakhtan, dan Saudi Arabia pada Kejuaraan Bola Voli Asia Putra ke-19.

Liputan6.com, Surabaya - Timnas Bola Voli Putra Indonesia menargetkan masuk delapan besar dalam Kejuaraan Bola Voli Asia Putra ke-19 (19th Asian Senior Men's Volleyball Championship). Kejuaraan ini dihelat di GOR Tridharma Petrokimia Gresik dan GOR Wahana Eskpresi Pusponegoro, Kabupaten Gresik, 24 Juli sampai 1 Agustus 2017.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Komisaris Jenderal Polisi lmam Sudjarwo mengatakan, target delapan besar untuk mengunci peluang agar bisa ikut kembali Kejuaraan Bola Voli Asia Putra pada dua tahun mendatang.

"Harapan kami bisa masuk delapan besar, sehingga otomatis dua tahun lagi tidak perlu melalui kualifikasi di tingkat ASEAN, sekaligus membuktikan jika timnas mampu bersaing dengan tim bola voli dunia," kata Imam di Surabaya, Jumat (21/7/2017), seperti dinukil dari Antara.

Imam mengakui target tersebut sangat realistis. Sebab, pesaing dalam ajang ini sangat kuat, salah satunya adalah Iran yang tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, dan Jepang, juara dua tahun sebelumnya.

Ketua Panitia Pelaksanaan Kejuaraan Heyzer Harsono mengatakan, kejuaraan ini diikuti sebanyak 16 negara, yaitu Arab Saudi, Australia, Tiongkok, Hongkong, Indonesia, Irak, Iran, Jepang, Korea, Kazakhtan, Pakistan, Qatar, Srilangka, Thailand, Vietnam, dan Taiwan.

Dari total 16 negara yang ikut, dua negara merupakan pesaing Indonesia pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur di Malaysia, Agustus mendatang. Mereka adalah Thailand dan Vietnam.

"Karena itu, ajang ini oleh sebagian negara dijadikan untuk mengukur kemampuan tim putranya sebelum terjun pada SEA Games XXXIX/2017 di Malaysia nanti," ucap Heyzer.

Indonesia tergabung di Grup A bersama Qatar, Kazakhtan, dan Saudi Arabia. Dua tim di posisi teratar akan melaju kedelapan besar.

Juara pada ajang ini, otomatis akan diikutsertakan pada kejuaraan dunia bola voli putra dan bersaing dengan beberapa negara yang lolos dalam kualifikasi ajang serupa di beberapa benua. Sedangkan bagi negara yang gagal lolos kedelapan besar, kembali akan mengikuti kualifikasi sebelum masuk pada Asian Senior Mens Volleyball Championship ke-20.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.