Sukses

Menpora Kagumi Gowes Pesona Nusantara di Tanah Laut

Menpora selalu berusaha hadir di salah satu titik digelarnya Gowes Pesona Nusantara pada setiap pekannya.

Liputan6.com, Tanah Laut - Menpora Imam Nahrawi turut hadiri digelarnya Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu(22/7/2017). Imam mengaku, sangat mengapresiasi antusiasme warga setempat atas GPN.

Gowes Pesona Nusantara Etape Tanah Laut yang juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati, serta sejumlah perangkat daerah Tanah Laut ini berlangsung semarak dengan iring-iringan pesepeda dari berbagai kalangan masyarakat yang terbagi dalam tiga kategori, yakni sepeda santai, sepeda hias dan sepeda ekstrem.

"Setiap akhir pekan, ada delapan titik yang dilintasi oleh kegiatan Gowes Pesona Nusantara, dari Barat, Tengah dan Timur Indonesia. Antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam setiap gelaran Gowes bisa menjadi cikal bakal dan momen penting untuk lahirnya Hari Bersepeda Nasional,” ujar Imam seperti rilis yang diterima media.

Menpora mengatakan, selalu berusaha untuk menghadiri dua titik dari delapan titik digelarnya Gowes Pesona Nusantara setiap pekan. Dia ingin merasakan tingginya semangat bersepeda dari berbagai kalangan masyarakat dalam Gowes Pesona Nusantara yang menjadi bagian dari Gerakan Nasional Ayo Olahraga.

“Partisipasi masyarakat yang tinggi dalam kegiatan keolahragaan tidak boleh berhenti pada hal-hal yang sifatnya seremonial saja, tapi harus menjadi hal sederhana, namun strategis dalam kegiatan pembudayaan olahraga yang dilakukan secara serius di tengah-tengah masyarakat, Tanah Laut bisa mendorong lahirnya Hari Bersepeda Nasional," katanya.

Sejak digulirkan pada pertengahan bulan Mei lalu, di Kota Sabang, Banda Aceh dan sejumlah kota terdepan di Indonesia lainnya seperti Tarakan, Merauke dan Atambua, Gowes Pesona Nusantara telah berjalan setidaknya di 36 Kabupaten/Kota dari rencana 90 etape di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Bersamaan dengan itu, terdapat Tim Inti Gowes Pesona Nusantara yang terdiri dari para pesepeda profesional yang secara terus menerus bersepeda. Mereka menempuh lebih dari 5.000 kilometer dari Kota Sabang menuju Kota Magelang, Jawa Tengah yang menjadi etape akhir kegiatan Gowes Pesona Nusantara, yang bertepatan dengan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS), 9 September 2017.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.