Sukses

Tempuh 3.050 Km, Tim Gowes Pesona Nusantara Makin Kenal Indonesia

Tim Gowes Pesona Nusantara etape 4 sudah sampai di Palembang dan akan lanjut ke Magelang.

Liputan6.com, Palembang - Tim Gowes Pesona Nusantara (GPN) etape 4 yang diwakili Gladiator Cycling Team sudah tiba di Terminal Karya Jaya, Palembang, Sabtu (22/7/2017). Rasa puas dirasakan tim yang beranggotakan 14 pembalap ini setelah menempuh 3.050 kilometer perjalanan.

Rencananya, Tim GPN akan menempuh perjalanan 5.000 km dengan finis di Kota Magelang, 19 September 2017 mendatang.

"Kami menikmati touring gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Luar biasa perjalanan yang kami tempuh sajak dari Sabang sampai Palembang," kata anggota Gladiator Cycling Team, Kamaruzzaman seperti rilis yang diterima media.

Meski berusia 55 tahun, pebalap asal klub Panther Kalimantan Barat (Kalbar) ini terlihat sangat bersemangat. Bahkan, dia bertekad menyelesaikan touring Gowes Pesona Nusantara hingga Magelang.

"Ini rekor jarak tempuh terjauh touring yang pernah saya ikuti. Biasanya saya ikut touring dari Pontianak ke Kucing, Malaysia dengan jarak 525km dan dari Pontianak ke Brunei Darusaalam dengan jarak 1.000km lebih," kata pria kelahiran Pontianak 14 Desember 1962.

Bagi Kamaruzzaman, Gowes Pesona Nusantara berbeda dengan touring yang pernah diikutinya. Selain bisa menikmati keindahan alam, dia dan rekan timnya bisa mengenal beraneka ragam suku, bahasa, budaya dan adat istiadat di setiap daerah yang dilalui.

"Keanekaragaman yang ada itu membuat saya semakin mencintai Indonesia," ujar Tito Bagdo, pebalap sepeda asal Kalbar yang pernah 5 kali tampil di Tour de Singkarak.

"Luar biasa Gowes Pesona Nusantara yang digagas Kemenpora. Makanya, saya ingin mencapai finis pada touring pertama ini," kata Anissa Rizky Amalia, pebalap asal Pontianak yang hijrah ke DKI Jakarta.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Personil TNI

Dari 14 pebalap tersebut dua diantaranya merupakan personil Tentara Nasional Indonesia (TNI).  Mereka adalah Serda Yuni Indah Lestari yang bertugas di Arhanud Cimahi dan Serka Gus Arianto di Koramil 05 Mesjid Raya Aceh Besar.  


"Ya, saya merasa terhormat bisa ikut dalam touring yang digagas Kemenpora. Tekad saya memang mencapai Magelang," kata Yuni.

"Kalau saya hanya sampai di Palembang saja dan kembali ke Aceh untuk bertugas," timpal Gus Arianto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.