Sukses

Kepala Mekanik Yamaha: Stoner Binatang Buas di MotoGP

Casey Stoner tak sukses pada musim perdananya di MotoGP.

Liputan6.com, London - Kepala mekanik pribadi andalan Movistar Yamaha Maverick Vinales, Ramon Forcada, mengenang kemesraannya bersama mantan pembalap MotoGP, Casey Stoner. Menurutnya, Stoner merupakan salah satu rider terbaik yang dimiliki Ducati.

Stoner memulai debutnya di MotoGP bersama tim Honda LCR pada 2006. Pada tahun pertamanya dia gagal total. Stoner finis di posisi delapan dengan 199 poin.

Forcada menyebut kegagalan Stoner lantaran bermasalah di ban depan produksi Bridgestone. Pembalap asal Autralia itu gagal finis sebanyak tujuh kali, enam di antaranya terjatuh karena ban depan.

"Total, ada 23 kecelakaan pada MotoGP 2006. Semua masalahnya sama, ban depan. Stoner merasakan ban depan motornya tidak bagus," ucap Forcada, dikutip Motor Sport.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Binatang Buas

Stoner hanya semusim bersama LCR Honda. Pada MotoGP 2007, dia bergabung dengan Ducati. Stoner berhasil menjadi juara dunia untuk pertama kalinya, meski tidak nyaman dengan motor Ducati, Desmosedici GP7.

Pada tahun itu, dia berhasil mencetak rekor. Stoner mencatatkan 10 kemenangan dari 18 balapan dalam semusim.

"Setiap kali kita bertemu, dia selalu berkata: 'Motor ini tidak fantastis, tapi ban depan memungkinkan saya melakukan semua hal. Ini satu-satunya rahasia saya'," ucap Forcada.

"Dia itu seperti binatang buas di atas motor. Dia tahu kecepatannya. Anda harus memberi motor seperti yang diinginkannya, kemudian dia bisa melakukan hal hebat," katanya mengakhiri.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.