Sukses

3 Pemain Liga Inggris yang Dikontrak Permanen Klub Serie A

Sulitnya transfer pemain dari Liga Inggris, membuat klub Italia pun tak jarang menempuh jalan peminjaman

Liputan6.com, Jakarta Perpindahan pemain dari Liga Inggris ke Liga Italia bisa dikatakan cukup jarang. Di bursa transfer musim panas ini, misalnya, hanya ada segelintir nama yang datang ke Italia.

Teranyar adalah Lucas Leiva, yang diboyong dari Liverpool dan bergabung dengan Lazio. Kemudian Wojciech Szczesny yang direkrut Juventus dari Arsenal.

Untuk Szczesny, ini bukan pertama kali dia bermain di Serie A. Sebelumnya ia dipinjam oleh AS Roma selama dua musim.

Namun, baru kali ini ia dikontrak secara permanen. Juventus mengikatnya dengan kontrak berdurasi empat tahun, yakni hingga Juni 2021.

Sulitnya transfer pemain dari Liga Inggris, membuat klub Italia pun tak jarang menempuh jalan peminjaman sebelum mempermanenkannya. Ada beberapa pemain top yang pernah didatangkan dengan jalan demikian.

Di antaranya adalah Edin Dzeko dan Mohamed Salah (dari Manchester City ke AS Roma), dan Stevan Jovetic (Manchester City ke Inter Milan).

Di musim panas ini, tren seperti itu masih berlanjut. Liputan6.com merangkum tiga pemain dari Liga Inggris yang dipinjam oleh klub Italia musim lalu, dan akhirnya dikontrak secara permanen musim panas ini. Berikut daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Federico Fazio

AS Roma mempermanenkan bek Federico Fazio pada dengan nilai transfer 3,2 juta euro pada 1 Juli lalu. Keputusan tersebut dilandaskan pada kepuasan Roma atas performa Fazio selama satu tahun masa peminjaman. Ya, Roma meminjam pemain berusia 30 tahun itu dari Tottenham Hotspurs tepat pada bursa musim panas tahun lalu.

Umur Fazio yang sudah tak muda lagi tak menyurutkan keyakinan Roma. Pasalnya, geladang Argentina itu mampu menunjukkan permainan yang baik dan selalu tampil sebagai starter di lini belakang Srigala Ibukota, bersama Kostas Manolas. Musim lalu, ia tampil di 48 pertandingan, dan menyumbang 4 gol serta satu assist.

Fazio sendiri mulai mencuat namanya sejak membela Sevilla di tahun 2007-2014. Tercatat, selama membela klub Spanyol itu, ia bermain di 203 pertandingan, mencetak 14 gol dan 4 assist. Selain sebagai bek tengah, terkadang Fazio juga bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan.

3 dari 4 halaman

Juan Cuadrado

Penampilannya yang konsisten dan kontribusi yang cukup signifikan selama dua tahun masa peminjaman, Juan Cuadrado sukses mencapai keinginannya menjadi pemain Juventus secara permanen. Winger asal Kolombia itu dipermanenkan oleh Juventus dengan nilai transfer 20 juta euro dari Chelsea, pada 1 Juli 2017. Ia dikontrak sampai Juni 2020. Secara total, I Bianconeri menghabiskan biaya 26,8 juta euro untuk mendapatkan jasa Cuadrado.

Meski bukan pemain favorit di Juventus, Cuadrado tetap mampu mencuri tempat reguler bersama Juventus. Tercatat, ia diturunkan dalam 85 pertandingan di semua kompetisi yang diikuti Si Nyonya Tua. Dalam kesempatan tersebut, ia menyumbang 8 gol dan 18 assist. Musim lalu, ia beberapa kali berperan sebagai penentu kemenangan bagi tim. Salah satunya adalah saat melawan Inter Milan. Gol semata wayang yang diciptakannya mengantarkan Juventus menang 1-0.

Cuadrado sempat dirumorkan bakal dijual di awal bursa transfer musim panas ini. Ia sempat digosipkan akan ditumbalkan oleh Juventus demi mendapatkan Blaise Matuidi atau Marco Verratti dari Paris Saint-Germain. Namun, rumor itu perlahan menghilang, dan pelatih Massimiliano Allegri menegaskan bahwa pemain 29 tahun itu tetap akan masuk dalam rencana tim.

4 dari 4 halaman

Carlos Sanchez

Nasib yang mirip dialami oleh kompatriot Cuadrado, Carlos Sanchez. Sama seperti Cuadrado, Sanchez juga kesulitan beradaptasi di Liga Inggris, sejak direkrut Aston Villa dari Elche pada tahun 2014. Akibatnya, Aston Villa pun meminjamkannya ke Fiorentina di bursa transfer musim panas tahun lalu.

Bersama Fiorentina, Sanchez rupanya mampu mengembalikan performa terbaiknya. Musim lalu, gelandang bertahan berusia 31 tahun itu menjadi salah satu andalan La Viola di lini tengah dan berhasil mendapatkan tempat reguler. Tercata, total ia tampil dalam 41 pertandingan, dengan kontribusi satu gol dan satu assist.

Penampilan apiknya musim lalu, Fiorentina pun sepakat mempermanenkan pemain yang telah mengoleksi 74 caps bersama Timnas Kolombia itu dengan biaya 2,55 juta poundsterling. Namun, tidak diketahui berapa lama durasi kontrak yang diberikan La Viola kepadanya. (Abul Muamar)

Simal video menarik di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016

    Liga Italia

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Lucas Leiva adalah seorang pemain bola yang tergabung di dalam klub Liverpool
    Lucas Leiva adalah seorang pemain bola yang tergabung di dalam klub Liverpool

    Lucas Leiva