Sukses

Kejuaraan Voli Asia 2017: Indonesia Libas Saudi Arabia

Indonesia menang 3-0 atas Saudi Arabia pada laga perdana Kejuaraan Voli Asia 2017.

Liputan6.com, Gresik - Hasil positif diraih timnas Putra Indonesia pada laga perdana Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017. Skuat racikan Samsul Jais ini mengalahkan Saudi Arabia dengan skor 3-1 (25-23, 25-21, 22-25, dan 26-24) di GOR Tridharma Petrokimia Gresik.

Bermain di laga perdana Kejuaraan Voli Asia 2017, Indonesia mengandalkan Sigit Ardian, Rendy Febriant Tamamilang, Mahfud Nurcahyadi, Antho Bertiyawan, Aji Maulana, Rivan Nurmulki, dan Delly Dwi Putra Heryanto sebagai libero.

Tim yang baru dua bulan berlatih ini tampak belum begitu solid. Banyak penerimaan bola pertama yang tidak bagus. Selain itu, banyak service serta smes yang memberikan poin untuk Arab Saudi. Meski demikian, Aji dan kawan-kawan mampu memenangi game pertama.

Di game kedua, Indonesia tampil lebih baik. Smes-smes keras dari Rivan dan Rendy sulit diantisipasi para pemain Arab Saudi. Tetapi, Arab Saudi mampu memberikan perlawanan. Pelatih Samsul pun harus mengganti pemain dengan memasukkan Agung Seganti dan Hernanda Zulfi untuk memperkuat blok di angka-angka kritis. Hasilnya, Indonesia kembali menang.

Pada game ketiga, Samsul mencoba merotasi pemainnya. Nanda dimainkan sejak awal untuk mengisi posisi Antho. Selain itu, permainan Sigit yang menurun membuat pelatih Samsul terpaksa menariknya dan digantikan Doni Haryono.

Dio Zulfikri juga dimainkan untuk menggantikan posisi Aji sebagai pengumpan. Namun, perubahan itu tak membuahkan hasil. Indonesia selalu tertinggal dan akhirnya menyerah dari Arab Saudi.

Pada game keempat, Indonesia diperkuat Rivan, Aji, Rendy, Machfud, Nanda, dan Doni. Sementara posisi libero dipercayakan pada Muhamad Ridwan. Komposisi ini membuat Indonesia kembali bisa mengungguli Arab Saudi. Meski sempat terjadi deuce, Indonesia akhirnya memenangi laga ini. *

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.