Sukses

Morata Termasuk, 5 Pemain Spanyol Ini Termahal Sepanjang Masa

Morata resmi gabung Chelsea dengan transfer 70 juta pounds, apakah dia pemain Spanyol termahal sepanjang masa?

Liputan6.com, Jakarta - Chelsea baru saja sukses menuntaskan transfer pemain asal asal Spanyol, Alvaro Morata dari Real Madrid. Mereka harus menebus Morata dengan mahar tak kurang dari 70 juta pound sterling (Rp 1,2 Triliun). Lantas, apakah Morata jadi tansfer termahal dari Spanyol?

Sepak bola Spanyol belakangan meningkat drastis sejak 10 tahun terakhir. Barcelona dan Real Madrid jadi penghias yang sering pecahkan rekor transfer termasuk dengan transfer Alvaro Morata.

Akan tetapi, ironisnya kedua klub raksasa itu tak memegang rekor transfer untuk pemain Spanyol. Justru, klub di luar Spanyol yang lebih menghargai mahal para pemainnya.

Klub Liga Inggris paling jor-joran saat memboyong pemain asal Spanyol ke daratan Inggris. Apakah tradisi ini akan berlanjut di masa mendatang? Melihat banyaknya bakat fantastis dari tanah Spanyol, tradisi ini sepertinya bakal terus bertahan.

Morata seperti yang dijelaskan di atas masuk dalam daftar pemain termahal di Spanyol. Lantas, siapa-siapa sajakah lima nama yang pernah jadi pemain termahal sepanjang masa dari Spanyol? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. David Villa (Dari Valencia ke Barcelona)

Pada musim panas 2010, 35 ribu fans Barcelona berdesakan memenuhi kursi Nou Camp untuk menyaksikan salah satu transfer terbesar Barcelona dalam beberapa tahun terakhir, yakni David Villa. Dengan Zlatan Ibrahimovic dipinjamkan (dan akhirnya dijual) ke AC Milan dan Thierry Henry yang mencapai akhir kariernya di Eropa, klub Catalan itu berhasil datangkan striker terbaik Spanyol.

Valencia sejatinya tidak pernah benar-benar ingin melepaskan David Villa. Pasalnya, sang striker telah mencetak 129 gol dalam lima musim untuk Los Che dan memenangkan Zarra Trophy untuk keempat kalinya di 2009/10.

Akan tetapi, pada 2008 klub dalam kekacauan keuangan. Valencia membutuhkan uang untuk melanjutkan kiprah di La Liga. Barcelona kemudian datang dengan membawa mahar 34 juta pound sterling untuk Villa sebelum berangkat ke Piala Dunia.

Bersama Barca, Villa jadi rekan duet Lionel Messi yang klop sebelum kedatangan Luis Suarez. Dia memimpin Barca meraih delapan gelar, termasuk dua gelar liga dan satu Liga Champions.

3 dari 6 halaman

4. Juan Mata (Dari Chelsea ke Manchester United)

Pemain lain yang tidak ingin dijual Valencia adalah Juan Mata. Akan tetapi, kepindahannya ke Chelsea sebesar 23,5 juta pound sterling diperlukan bagi klub tersebut untuk bertahan. Namun, itu bukan biaya yang menempatkannya dalam daftar ini.

Setelah menjalani musim bersama Chelsea dengan baik selama dua musim, pemain yang dua kali meraih penghargaan Player of the Year klub itu tiba-tiba dibangkucadangkan. Jose Mourinho kala itu lebih memercayai Oscar ketimbang Mata.

Manchester United memutuskan untuk masuk untuk cari celah dapatkan jasanya dan Mourinho akhirnya membiarkannya pergi di bursa transfer Januari. Pada saat itu, mereka memecahkan rekor transfer klub dengan mahar 37,1 juta pound sterling.

Akan tetapi, ironisnya Mata ditakdirkan untuk bermain di bawah Mourinho lagi di Old Trafford. Namun, kali ini situasinya berbeda, karena Mourinho mulai memercayainya lagi.

4 dari 6 halaman

3. Gaizka Mendieta (Dari Valencia ke Lazio)

Mendieta merupakan pemain Valencia lainnya masuk daftar ini. Namun, cabutnya Mendieta saat itu sebelum Valencia alami krisis keuangan. Saat itu, Los Che adalah kekuatan yang harus diperhitungkan di La Liga dan termasuk di antara empat klub teratas.

Gaizka Mendieta adalah seorang gelandang yang menghabiskan sembilan musim bersama klub dan bermain di bawah sejumlah manajer. Akan tetapi, dia tidak selalu menjadi gelandang. Dia memulai sebagai bek kanan sebelum dia dikerahkan ke posisi gelandang.

Di bawah Claudio Ranieri dan kemudian Hector Cuper, Mendieta menjadi salah satu gelandang paling didambakan di Spanyol. Bahkan, kala itu presiden Valencia mengatakan: "Saya lebih suka kelaparan daripada menjualnya!"

Akan tetapi, Lazio masuk dengan tawaran yang menggiurkan, yakni 45 juta euro, uang yang sangat besar kala itu. Hal itu membuat Valencia dengan berat hati melepas gelandang yang satu ini.

Namun demikian, ketika pindah ke Serie, Mendieta tampil melempem. Dia dicap sebagai pemain termahal yang paling mengecewakan dalam sejarah. Hal ini karena Mendieta gagal menggantikan Pavel Nedved dan Juan Veron yang telah pindah ke Juventus dan Manchester United.

5 dari 6 halaman

2. Fernando Torres (Dari Liverpool ke Chelsea)

Liverpool sangat cerdik saat mendatangkan si pemain dari Atletico Madrid. Selama di Anfield, Torres selalu jadi pencetak gol terbanyak di dua dari tiga musim penuh bersama Liverpool.

Saat Rafa Benitez diganti Roy Hodgson pada 2010/11, sebuah kejutan terjadi. Pada saat itu Torres menjadi perhatian banyak klub besar, tapi Hodgson menolak penjualan dengan keras, dengan mengatakan: "Dia tidak dijual dan kami tidak menyambut tawaran untuknya. Kami ingin mempertahankannya."

Pada Januari 2011, Torres gerah dan tawaran £40 juta awal dari Chelsea ditolak. Dia kemudian ajukan diri ingin dijual oleh Liverpool. The Reds pun akhirnya tak berbuat bayak dan menjual Torres setelah Chelsea mengajukan tawaran baru sebesar £50 juta untuk menjadikannya pemain Spanyol paling mahal kala itu.

Akan tetapi, kariernya di Chelsea jauh dari kata istimewa. Dia hanya mencetak 45 gol dalam tiga setengah musim di Stamford Bridge.

6 dari 6 halaman

1. Alvaro Morata (Dari Real Madrid ke Chelsea)

Setelah melejit melalui tim muda Real Madrid, Morata tidak mendapatkan kesempatan jua sampai akhirnya dipindahkan ke Juventus pada tahun 2014. Namun, setiba di Turin, penyerang 24 tahun tersebut justru tampil istimewa dan mengesankan.

Zinedine Zidane akhirnya menyadari potensi Morata dan meminta Real Madird untuk aktifkan klausul buy-back-nya. Namun, nyatanya sepulang di Madrid, dia tak mampu jua mengunci posisi utama.

Saat Antonio Conte membutuhkan striker setelah depak Diego Costa, Chelsea segera masuk dengan tawaran rekor 58 juta poundsterling. Bahkan, harganya bisa melonjak sampai 70 juta pound sterling jika Morata mencapai target tertentu dengan Chelsea.

"Saya pikir pasti dia penandatanganan yang baik untuk kami," kata Conte di situs resmi Chelsea. "Morata adalah pemain muda yang memiliki banyak pengalaman. Dia telah bermain dengan Real Madrid dan Juventus serta memiliki banyak pengalaman untuk liga dan juga di Liga Champions.

"Morata pasti adalah pilihan pertama, striker bagus dan pemain dengan prospek yang tepat untuk Chelsea. Dia masih sangat muda, pasti dia bisa memperbaiki banyak hal dan saya berharap bisa menunjukkan nilainya bersama kami," lanjut Conte.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.