Sukses

Kejuaraan Voli Asia 2017: Kazakhstan Terkejut Performa Indonesia

Kazakhstan sempat tertinggal saat menghadapi Indonesia di Kejuaraan Voli Asia 2017.

Liputan6.com, Gresik - Kazakhstan kini menempati puncak klasemen Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017. Mereka menguasai posisi teratas berkat kemenangan 3-2 atas Timnas Voli Indonesia pada laga kedua di GOR Tri Dharma, Gresik, Selasa (25/7/2017).

Dengan hasil ini, Kazakhstan harus melewati lima set pada dua pertandingan Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017. Pada laga perdana, Kazakhstan bahkan sempat tertinggal dua set dari Qatar sebelum menang 3-2.

Kali ini, mereka harus melakoni duel sengit dengan tuan rumah Indonesia. Tim asuhan Igor Nikolchaenko sempat kehilangan set pertama 23-25. Untungnya, mereka mampu bangkit dan merebut dua set selanjutnya 27-25 dan 25-21.

Pada set keempat, justru Indonesia yang mampu bangkit hingga menang 25-21. Alexandr Stolnikov dan kawan-kawan kemudian mengamankan kemenangan 15-13 pada set kelima. Meski menang, Kazakhstan mengaku terkejut dengan kebangkitan Indonesia.

"Hari ini jauh lebih sulit dari kemarin. Indonesia memberikan perlawanan sengit. Tapi kami melakukan pergantian pemain yang tepat. Dan kami telah melakukan perubahan bagus usai laga melawan Qatar," ungkap Nikolchaenko usai pertandingan.

Selain itu, Nikolchaenko juga menyebut bahwa suporter Indonesia memiliki peran penting di balik kesulitan yang dihadapi timnya. Sepanjang laga yang berlangsung lima set itu, pendukung tak henti-hentikan memberikan dukungan kepada Indonesia.

Mereka juga memberikan tekanan kepada para pemain Kazakhstan. Saat akan melakukan servis, pemain Kazakhstan selalu disoraki. Begitu juga saat pemain cadangan melakukan pemanasan pada jeda pertandingan.

"Itu sangat menolong tim Indonesia. Mereka bisa bangkit setelah kehilangan dua game. Mereka bisa melakukan comeback bagus berkat dukungan suporter," tegas Nikolchaenko.

Berkat kemenangan atas Indonesia, Kazakhstan mengoleksi empat angka di Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017. Mereka memiliki keunggulan dalam rekor pertemuan atas Qatar dan Indonesia. Namun, Kazakhstan masih harus berjuang saat melakoni laga pamungkas Grup A dengan melawan Arab Saudi, Rabu (26/7/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.