Sukses

Harapan Pelatih Bali United untuk Wasit Asing

Pelatih Bali United, Widodo C Putro sebut wasit asing bisa berguna untuk sepak bola Indonesia, asal...

Liputan6.com, Gianyar - Pelatih Bali United, Widodo C Putro tak mempersoalkan rencana penggunaan wasit asing di putaran kedua Liga 1. Bagi dia, sepanjang hal itu membawa perbaikan untuk sepakbola dalam negeri maka tak masalah.

Yang terpenting bagi Widodo adalah adanya transfer pengetahuan dari wasit asing dengan wasit lokal. Dengan demikian, hal-hal positif yang dimiliki wasit asing bisa ditularkan kepada wasit lokal.

"Semasa itu baik untuk sepakbola kita ya, tidak masalah. Tapi sedapat mungkin berdayakan wasit lokal, sepanjang wasit lokal itu bisa memimpin dengan baik," kata Widodo soal wasit asing, Rabu (26/7/2017).

Di mata Widodo, seluruh aspek persepakbolaan nasional mesti dilakukan perbaikan, tak hanya dari sisi wasit belaka. "Tentu yang perlu diperbaiki adalah semua yang ada di sepakbola kita, karena orientasi sepakbola kita adalah untuk Timnas. Saya ingin ada pembelajaran di Liga ini yang berorientasi kepada Timnas kita," tutur Widodo.

Widodo juga tak mempersoalkan jika PSSI hendak mengadopsi teknologi VAR (Video Asistant Referee/penggunaan video untuk asisten wasit). Sepanjang memungkinkan, Widodo menyambut baik hal itu.

"Penggunaan teknologi VAR itu juga penting. Kita berharap ke depan memang mengarah ke sana. Tapi kita lihat perangkat kita mencukupi tidak untuk penggunaan teknologi itu. Kalau memungkinkan boleh. Bagaimana misalnya jika VAR itu diterapkan dan digunakan di Serui. Di sana sinyal saja kadang-kadang susah," kata pelatih Bali United ini.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.