Sukses

3 Alasan Mengapa MU Tak Tertarik Rekrut Neymar atau Mbappe

Bukan rahasia lagi bahwa sebenarnya MU sudah lama memantau Neymar

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) berhasil menggantikan posisi Real Madrid sebagai klub sepakbola paling berharga di dunia. Yap, terlepas dari kenyataan bahwa mereka hanya menempati posisi keenam di klasemen Liga Inggris musim lalu, Setan Merah masih terbanyak dalam pegumpulan uang tunai.

Menurut laporan Forbes, MU sekarang menjadi klub terkaya bernilai 1,42 miliar poundsterling (sekitar Rp 21 triliun). Biaya transfer yang mereka bayarkan kepada Juventus untuk Paul Pogba kurang dari setahun sebelumnya, tidaklah menganggung keuangan mereka.

Namun, dengan pemikiran seperti itu, agak mengejutkan ketika MU benar-benar tidak terlibat dalam persaingan mendapatkan Neymar atau Kylian Mbappe musim panas ini.



Bukan rahasia lagi bahwa MU sudah lama memantau Neymar. Sementara, Kylian Mbappe memiliki potensi untuk menjadi superstar sejati. Ada beberapa alasan mengapa MU tidak berusaha sama sekali mendatangkan kedua pemain itu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dana Transfer


Muara persoalnnya adalah keluarga Glazer. MU adalah proyek ekonomi dari Glazer. Mereka memilikinya untuk menghasilkan uang "Mereka sangat pandai saat mereka membeli klub," kata Duncan Castles, seorang jurnalis.

Menurut dia, selama ini mereka telah banyak menghabiskan dana untuk transfer, baik kontrak pemain, maupun saat merekrut manajer dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, kata dia, ada batasan untuk berapa banyak lagi yang akan mereka belanjakan. Dan, sepertinya tak ada kesepakatan untuk Mbappe dan Neymar.

"Ketika kesepakatan tersebut dihargai 180 juta euro untuk biaya transfer, atau 220 juta euro untuk membayar klausul pelepasan saja, itu di luar jumlah uang Glazer," katanya.


3 dari 4 halaman

Rekor Transfer

Real Madrid, dilaporkan telah 'menyetujui' kesepakatan 180 juta euro untuk Mbappe. Meskipun hal ini langsung dibantah oleh AS Monaco.

Neymar, sementara itu, masih bisa hengkang ke Paris Saint-Germain, meski ada tweet 'He Stays' dari Gerard Pique, yang mengkonfirmasi keputusan pemain Brasil untuk tetap berada di Nou Camp.

Kesepakatan kedua pemain itu, akan menghapus catatan transfer dunia saat ini, yang masih dipegang MU saat membeli Pogba. Namun, Glazer dengan jelas merasa bahwa Neymar atau Mbappe tetap tidak sepadan dengan biaya transfer yang luar biasa itu.

4 dari 4 halaman

Tak Masuk Akal

Manajer MU Jose Mourinho menepis spekulasi perekrutan Neymar da Silva ke Old Trafford. Baginya itu sesuatu yang tidak mungkin terjadi.

Sebelumnya, pemain timnas Brasil itu gencar dikaitkan dengan Setan Merah. Bahkan raksasa Liga Primer Inggris itu berani mengeluarkan mahar besar yang diprediksi mencapai Rp2,8 triliun demi menggaet Neymar.

"Saya selalu mencoba bersikap obyektif dan pragmatis dengan klub dan meminta klub apa yang bisa mereka berikan kepada saya. Membeli Neymar sesuatu yang tidak masuk akal. Sebuah klub seperti Barcelona tidak mau kehilangan Neymar," terang Mourinho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr

  • Kylian Mbappe