Sukses

Kejuaraan Voli Asia 2017: Lolos 8 Besar, Indonesia Penuhi Target

Indonesia siap menghadapi lawan-lawan berat di 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017.

Liputan6.com, Gresik - Sejak sebelum Kejuaraan Voli Asia 2017 digulir, timnas voli Indonesia memang hanya menargetkan lolos ke 8 besar. Dan, akhirnya, meski menghadapi perlawanan sulit, tim asuhan Samsul Jais itu mampu memenuhi target mereka.

Perjuangan keras timnas voli Indonesia di Kejuaraan Voli Asia 2017 terbayar lunas. Kepastian lolos ke 8 besar didapat setelah mereka menaklukkan Qatar 3-2 pada laga pamungkas Grup A di GOR Tri Dharma, Gresik, Rabu (26/7/2017).

Sejatinya, tekanan yang harus dihadapi Indonesia begitu besar setelah kalah 2-3 dari Kazakhstan. Terlebih setelah Kazakhstan memenangi duel pamungkas Grup A kontra Arab Saudi dengan skor 3-0. Hasil itu membuat Indonesia wajib menang atas Qatar untuk lolos ke 8 besar.

Sialnya, tim Merah Putih mengawali permainan melawan Qatar dengan cukup buruk. Mereka tertinggal 0-2 setelah kalah 24-26 pada set pertama dan 14-25 pada set kedua. Untungnya, mental Agung Seganti dan kawan-kawan tak hancur dengan kekalahan dua set awal.


Mereka mampu membalikkan keadaan hingga unggul 3-2. Itu berkat kemenangan 25-20 pada set ketiga, 25-21 pada set keempat, dan 15-11 pada set kelima. Sukses itu yang membuat Indonesia lolos sebagai runner-up Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017 menemani Kazakhstan.

"Terima kasih atas dukungannya, baik dari rekan-rekan jurnalis maupun suporter. Kalian menjadi kekuatan tambahan kami," kata manajer timnas voli Indonesia, Nanang Masbudi. "Kami sadar ini adalah pertandingan hidup mati. Sebagai manajer, saya melihat strategi kami telah berjalan dengan baik."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci Kemenangan

Di lain pihak, pelatih Samsul menilai, kunci kemenangan Indonesia atas Qatar adalah permainan kolektif yang mereka peragaan. Hal itu membuat kekalahan postur dan teknik Indonesia dari Qatar jadi mampu teratasi.

"Kami sudah mengantisipasi, ketika bermain melawan Qatar, pola permainan mereka modern. Mereka punya dua midle blocker luar biasa," ujar Samsul.
"Jika kami ingin menang dengan postur tinggi, kami harus bermain secara kolektiv. Dan bermain dengan teknik tinggi."

Kini, tantangan berat sudah kembali menanti Indonesia di Grup E 8 besar Kejuaraan Voli Indonesia. Itu karena mereka akan bertemu tim-tim kuat seperti Kazakhstan, Jepang, dan Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.