Sukses

MotoGP: Marquez Dianggap Pembalap Istimewa

Liputan6.com, Barcelona - Marc Marquez berkecimpung di kelas utama MotoGP sudah lima tahun sejak 2013. Meskipun saat tiba banyak yang mengesampingkan bakatnya, siapa sangka jika dirinya berhasil keluar sebagai juara dunia sebanyak tiga kali (2013, 2014, dan 2016).

Salah satu yang menjadi kunci keberhasilannya adalah gaya balapnya yang agresif, terutama saat menyalip pembalap MotoGP lain di tikungan tajam. Hal inilah yang membuat pembalap lain tertarik untuk menirukannya, tak terkecuali Cal Crutchlow.

"Teknik menikung Marc lebih baik dari pada semua pembalap Honda lainnya. Kita tidak tahu bagaimana dia bisa melakukannya. Padahal di beberapa area tertentu, gaya balap saya hampir menyerupai gaya Marc," kata Crutchlow seperti dikutip dari Fox Sports Asia, Kamis (27/7/2017).

Pembalap LCR Honda itu mengaku kagum dengan teknik menikung yang dilakukan Marquez. Bahkan setiap kali bersaing Crutchlow selalu berusaha untuk mengintip gaya balap Baby Alien.



Dari pengamatan Crutchlow, sudah banyak pembalap MotoGP yang mencoba untuk melakukan hal sama seperti Marquez. Tapi, tak sedikit pembalap yang kesulitan untuk meniru gaya menikung pembalap Honda tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan Gaya Balap

"Gaya balap saya hampir seperti gaya Marc. Perbedaannya, dia memiliki cara menikung yang hampir sempurna, karena dia mampu menutup ban depan dan seberapa banyak dia meluncur keluar dan menahan ban. Hal-hal seperti itu sungguh menakjubkan, apalagi dia tetap bertahan di atas motornya," jelas Cructhlow.

Crutchlow menambahkan tak semua pembalap Honda bisa melakukannya, termasuk Tito Rabat, Jack Miller, bahkan tekan setimnya Dani Pedrosa. Itulah yang membuat Marquez terasa istimewa."Begitulah cara Marc menikung, itu jelas istimewa," papar Crutchlow. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.