Sukses

Kejuaraan Voli Asia 2017: Indonesia Siap Hadapi 2 Macan Asia

Indonesia harus hadapi tantangan 2 macan asia di babak 8 besar yaitu Korea Selatan dan Jepang.

Liputan6.com, Gresik - Lolos ke 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017 membuat tantangan yang harus dihadapi timnas Indonesia jauh lebih berat. Setidaknya, ada dua tim pengoleksi gelar terbanyak yang harus dihadapi mereka, yakni Korea Selatan dan Jepang.

Target lolos ke 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017 mampu diwujudkan timnas Indonesia. Sukses itu didapat berkat kemenangan 3-2 atas Qatar pada laga terakhir Grup A di GOR Tri Dharma, Gresik, Rabu (26/7/2017).

Kemenangan itu membuat Indonesia berhak menyegel posisi kedua Grup A dengan raihan enam poin. Pada dua laga sebelumnya, mereka menang 3-1 atas Arab Saudi dan kalah 2-3 dari Kazakhstan. Mereka unggul satu poin atas Qatar yang hanya akan bisa memperebutkan peringkat kesembilan.

Korsel yang akan menjadi lawan perdana Indonesia di Grup E 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017 di GOR Tri Dharma, Kamis (27/7/2017). Setelah itu, mereka akan mendapatkan jatah libur satu hari sebelum menghadapi Jepang, Sabtu (29/7/2017).

"Macan-macan Asia ada di sini. Dari awal saya tidak berani memasang target. Kami pun tidak tahu kekuatan lawan (di Grup A). Terlepas kami lolos ke 8 besar, menang atau kalah bagi saya tidak terlalu penting," kata Samsul Jais, pelatih Indonesia.

Dengan sukses ke 8 besar, Indonesia pun menjadi tim yang memiliki peluang untuk merebut gelar juara. Kalau pun mereka kalah dan menempati posisi keempat Grup E, mereka masih berhak memperebutkan tiket semifinal dengan menghadapi juara Grup F yang dihuni Australia, Iran, China Taipei, dan Tiongkok.

Bagi Indonesia sendiri, Kejuaraan Voli Asia 2017 menjadi ajang uji coba sebelum mereka tampil di SEA Games 2017. Karenanya, hasil tidak menjadi tujuan utama tim Merah Putih. Pasalnya, ajang ini hanya dijadikan sebagai momen untuk mendapatkan pengalaman bagus. *

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.