Sukses

Pelatih MU Sambut Baik Perubahan Jadwal Piala Afrika

MU hanya memiliki lima pemain asal Afrika sepanjang sejarah klub.

Liputan6.com, Manchester - Pelatih Manchester United (MU), Jose Mourinho, menyambut baik perubahan jadwal Piala Afrika. Menurutnya, hal tersebut menguntungkan klub-klub Eropa.

MU kehilangan Eric Bailly untuk delapan pertandingan karena harus membela Pantai Gading di Piala Afrika Gabon, Januari 2017.

"Perubahan itu sempurna bagi kami. Tentu sulit kehilangan pemain berpengaruh seperti Bailly pada pertengahan musim," kata Mourinho, dikutip Manchester Evening News.

"Peran pemain Afrika semakin besar di klub Eropa. Jumlah mereka bertambah banyak. Piala Afrika pada awal tahun itu tidak menguntungkan bagi kompetisi dan pemain," sambungnya.

Federasi Sepak Bola Afrika (CAF) mengubah jadwal penyelenggaraan Piala Afrika pada Juni-Juli mulai edisi 2019 melalui rapat pekan lalu. Turnamen tersebut sebelumnya digelar Januari-Februari.

Kondisi itu membuat The Red Devils jarang membeli pemain asal Afrika. Hingga kini, tercatat hanya Quinton Fortune (Afrika Selatan) yang tampil di atas 100 pertandingan.

Jika ditelisik lebih lanjut, MU bahkan hanya memiliki lima pemain asal Afrika sepanjang sejarah klub. Selain Bailly dan Fortune, tiga nama lainnya adalah Mame Biram Diouf, Eric Djemba-Djemba, dan Manucho. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Piala Afrika