Sukses

Bobotoh Tewas, Ini Evaluasi Panpel Persib

Panpel Persib meminta bantuan seluruh pihak agar evaluasi bisa dilaksanakan dengan baik.

Liputan6.com, Bandung - Panitia penyelenggara laga kandang Persib Bandung melakukan evaluasi usai insiden meninggalnya Ricko Andrean (22) akibat pengeroyokan salah sasaran oleh oknum bobotoh saat laga Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta, Sabtu (22/7/2017) lalu.

Media Officer Persib Bandung, Irfan Suryadiredja mengatakan evaluasi terkait pengamanan selalu dilakukan oleh panpel. Namun, pihaknya meminta evaluasi harus didukung oleh seluruh pihak termasuk bobotoh agar kondusifitas sebelum, saat dan sesudah pertandingan tetap terjaga.

"Yang pertama Persib turut berduka cita dan merasa kehilangan seorang bobotoh. Semoga ini menjadi korban terakhir," katanya.

"Kalau evaluasi pastinya kita lakukan dan koordinasi dengan pihak keamanan. Yang jelas ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak termasuk bobotoh," kata dia, Jumat (28/7/2017).

Dia berharap pertikaian antara bobotoh dengan Jakmania bisa segera terselesaikan. Ini lantaran kasus ini dilatarbelakangi gesekan antara kedua suporter yang mendukung Persib dan Persija tersebut.



Sementara itu Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo menegaskan hal serupa. Secara prosedural, pihaknya sudah melakukan usaha semaksimal mungkin, namun perlu ditingkatkan dalam koordinasi seluruh elemen yang berada dalam dan sekitar pertandingan.

"Untuk evaluasi, konsepnya sudah maksimal dan sudah bagus, tapi perlu adanya koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam suatu pertandingan itu, baik itu pemain Persib, manajemen Persib, bobotoh, kemudian seluruh yang terlibat," ujarnya.

"Pertandingan kemarin 15 orang di tribun, di pintu masuk 24 orang, tribun sekat 15 orang dari brimob. Itulah kenapa ada beberapa kejadian kita bisa bergerak cepat, untuk pertama penyelamatan, yang bisa kita lakukan semuanya. Tapi balik lagi harus koordinasi dengan seluruh pihak," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.