Sukses

Formula 2: Sean dan Nato Raih Poin di Hungaroring

Dua pembalap Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC, Norman Nato dan Sean Gelael meraih hasil positif di Formula 2 seri Hungaroring.

Liputan6.com, Budapest - Dua pembalap Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia menutup balapan pertama (feature race) Formula 2 di Hungaroring, Budapest, Hungaria, Sabtu (29/7/2017), dengan sama-sama meraih poin. Norman Nato finis di posisi ke-7 dan meraih enam poin. Sementara Sean Gelael mendapatkan 2 poin usai finis di posisi ke-9.

Dengan hasil ini, Nato kini mengoleksi total 73 poin dan berada di peringkat tujuh klasemen sementara pembalap Formula 2. Sedangkan Sean di urutan ke-17 dengan lima poin.

Sean memulai balapan dari posisi ke-20. Pembalap Indonesia tersebut tidak dapat mencatat waktu pada sesi kualifikasi, Jumat (29/7/2017), karena melakukan kesalahan dan mobilnya terhenti. Sementara Nato start dari posisi kelima.

Tapi, Nato dihadapkan pada posisi sulit saat akan start balapan. Mobil pembalap Prancis itu mengalami masalah dan stall saat akan melakukan formation lap. Dia harus kembali ke pit. Mekanik Pertamina Arden berusaha keras untuk memperbaiki mobil dalam waktu singkat.

Nato beruntung lantaran formation lap harus diulang setelah Nabil Jeffri dari tim Trident tidak bisa menempati posisi startnya dengan tepat. Mekanik Pertamina Arden pun mendapat tambahan waktu untuk memperbaiki mobil Nato. Mereka berhasil dan Nato bisa mengikuti balapan meski harus start dari pit lane.

Pada lap pertama balapan, Sean sudah naik ke posisi ke-16, sementara Nato di posisi ke-19. Di lap ke-7, Sean naik satu tempat. Di akhir lap ini, Nato melakukan mandatory pit stop. Beberapa pembalap melakukan pit stop pada lap ke-10 dan Sean naik ke posisi ke-10 setelah melewati Sergio Sette Camara (MP Motorsport). Nato masih tertahan di posisi ke-19.

Perubahan posisi kembali terjadi saat beberapa pembalap melakukan pit stop. Sean masuk pit untuk mengganti ban di lap ke-13. Kembali ke lintasan, dia berada di urutan ke-18 lalu naik satu posisi pada lap ke-17. Nato berada di urutan ke-15.

Alexander Albon (ART Grand Prix), Sette Camara, dan Louis Delletraz (Racing Engineering) yang masuk pit stop memberi keuntungan bagi duo Pertamina Arden. Pada lap ke-24, Nato berada di posisi ke-12, sementara Sean di urutan ke-14.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Drama Dimulai

Drama lalu terjadi pada lap ke-25. Pembalap Parax Sergio Canamasas dan Robert Visoiu dari tim Campos Racing) bersenggolan saat bersaing memperebutkan posisi ke-9. Keduanya tak bisa melanjutkan balapan. Safety Car masuk ke lintasan hingga akhir lap ke-27.

Balapan dimulai lagi pada lap ke-28. Nato dan Sean merangsek dan langsung masuk 10 besar. Pada lap ke-29, Nato berada di urutan ke-9, sementara Sean di posisi ke-10. Sean naik ke posisi ke-9 pada lap ke-31 akibat kesalahan yang dilakukan Gustav Malja dari tim Racing Engineering yang ada di depannya.

Sean turun ke posisi ke-10 setelah disalip Albon pada lap ke-33. Pada lap ke-34 atau tiga lap terakhir balapan, drama kembali terjadi. Artem Markelov dari tim Russian Time melintir keluar lintasan ketika bersaing ketat dengan pembalap DAMS, Oliver Rowland, dalam perebutan posisi terdepan balapan.


Safety Car kembali masuk ke lintasan. Nato berada di posisi ke-7, sementara Sean ke-9. Safety Car memimpin balapan hingga memasuki akhir lap ke-36. Rowland akhirnya keluar sebagai pemenang balapan.

Nicholas Latifi (DAMS) dan Nick de Vries (Rapax) finis di urutan kedua dan ketiga. Nato dan Sean mempertahankan posisi mereka di urutan ke-7 dan ke-9.

"Bukan balapan yang mudah. Apalagi hasil kualifikasi yang tidak menguntungkan. Namun, semua anggota tim bekerja keras, sehingga kami mendapatkan poin," kata Sean setelah balapan.

"Awal balapan seperti menjadi bencana buat saya karena masalah teknik. Untungnya kami dapat kembali ke lintasan dan tidak kehilangan momen. Posisi ketujuh cukup positif,” ucap Nato.

Para pembalap akan menjalani balapan kedua (sprint race) pada Minggu (30/7/2017) pukul 15.35 WIB. Balapan akan berlangsung dalam 28 putaran. Nato akan memulai balapan dari posisi start ke-2, sementara Sean di posisi ke-9.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.