Sukses

Kejuaraan Voli Asia 2017: Jepang Merasa Beruntung Jadi Juara

Sepanjang Kejuaraan Voli Asia 2017, satu-satunya aib yang didapat Jepang adalah ketika kalah 2-3 dari Korea Selatan.

Liputan6.com, Gresik - Kehebatan Jepang di Kejuaraan Voli Asia 2017 benar-benar teruji. Gelar juara untuk kali kedua secara beruntun menjadi milik mereka usai menang 3-1 atas Kazakhstan pada final di GOR Tri Dharma, Gresik, Selasa (1/8/2017).

Sepanjang Kejuaraan Voli Asia 2017, satu-satunya aib yang didapat Jepang adalah ketika kalah 2-3 (22-25, 25-21, 25-17, 18-25, 9-15) dari Korea Selatan di Grup C. Sisanya, mereka mampu menyapu bersih semua laga dengan kemenangan.

Deretan tim yang menjadi korban amukan Jepang adalah Sri Lanka 3-0, Vietnam 3-0, Kazakhstan 3-0 (Grup E 8 besar), Indonesia 3-0 (Grup E 8 besar), Australia 3-0, dan Indonesia 3-0 (semifinal). Mereka pun melanjutkan kesempurnaan mereka dengan memastikan gelar juara di tangan.

Saat melawan Kazakhstan, mereka memang tak mendapatkan perlawanan yang begitu berarti. Pada set pertama, mereka menang dengan selisih poin sangat jauh, yakni 25-13. Pada set kedua, Kazakhstan mampu memberikan sedikit perlawanan, tapi Jepang tetap menang 25-20.

Pada set ketiga, pertarungan sengit dipamerkan kedua tim. Sebagian besar momen dilewati hanya dengan selisih satu poin. Selisih satu poin tersebut masih bertahan saat Kazakhstan unggul 23-22. Pada akhirnya, Kazakhstan sukses memperpanjang napas dengan kemenangan 27-25.

Namun, momen kebangkitan itu gagal dilanjutkan Kazakhstan. Pada set keempat, mereka takluk 23-25 dari Jepang. Meski terlihat menang secara meyakinkan, pelatih Jepang, Yuichi Nakagaichi enggan merasa jemawa. Menurutnya, kesuksesan Jepang tak lepas dari faktor keberuntungan.



"Banyak tim kuat seperti Tiongkok, Australia, dan juga Iran, mereka tidak dalam kondisi terbaik. Jadi kami beruntung untuk memenangkan gelar. Namun di awal kami sudah cukup kuat untuk memenangkan turnamen dan kami pun menjadi lebih baik," kata Nakagaichi saat dihampiri usai perayaan gelar.

Bagi Jepang, misi mereka mempertahankan gelar pada Kejuaraan Voli Asia 2017 berjalan sukses. Mereka juga kian mendaulat dirinya sebagai penguasa Kejuaraan Voli Asia. Tercatat, sudah sembilan kali tim Negeri Matahari Terbit itu tampil sebagai juara.

Gelar Jepang kian sempurna karena salah satu pemain mereka dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) Kejuaraan Voli Asia 2017. Ia adalah Yuki Ishikawa yang juga dinobatkan sebagai outside spiker terbaik di ajang tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.