Sukses

Rossi Paling Banyak Menang, Ini 6 Fakta Menarik MotoGP Ceko

MotoGP Ceko akan membuka putaran kedua adu balap motor paling bergengsi di 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Pergelaran MotoGP Republik Ceko tinggal menghitung hari. Sebagian pembalap dan pemasok ban MotoGP (Michelin) sudah berada di Brno untuk melakukan sejumlah persiapan mengingat sesi latihan bebas pertama akan berlangsung pada Jumat (4/8/2017).

Balapan MotoGP Ceko pada tahun ini memasuki edisi ke-30, dan Valentino Rossi merupakan pemenang terbanyak di Sirkuit Brno. Untuk di kelas MotoGP, pembalap asal Italia sudah mengemas kemenangan sebanyak empat kali.

Pada musim lalu, pembalap Movistar Yamaha tersebut hanya meraih podium kedua. Kendati demikian, ini bisa dijadikan sebagai modal bagi The Doctor untuk kembali memperpendek jarak dengan Marc Marquez yang tertinggal 10 poin di klasemen MotoGP.

Marquez saat ini mengunci tempat di puncak klasemen sementara pembalap dengan raihan 129 poin. Dia unggul 5 angka dari Maverick Vinales di posisi dua, dan unggul 6 poin dari Andrea Dovizioso yang berada di peringkat tiga.

Sebelum menyaksikan para pembalap melahap 22 lap pada balapan nanti, tidak ada salahnya untuk mengungkap beberapa fakta menarik seputar MotoGP Republik Ceko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik


Berikut 6 Fakta Menarik Jelang Grand Prix Ceko:

1. GP Ceko pertama di Brno digelar pada 1965. Saat itu balapan 500cc dilangsungkan sepanjang 13 lap pada trek asli sepanjang 13,94 km. Mike Hailwood menjadi juara usai meraih waktu 1 jam 11 menit dan 23,2 detik.

2. Brno merupakan sirkuit kedua yang paling banyak menyelenggarakan seri Grand Prix dengan 29 kali pergelaran. Sirkuit ini pertama kali digunakan untuk seri Grand Prix pada 1965.

3. Satu-satu sirkuit yang memiliki sejarah lebih panjang dari Brno adalah Assen. Sirkuit yang terletak di Belanda itu sudah menggelar grand prix sejak 68 tahun silam.

4. Valentino Rossi dan Max Biaggi menjadi pembalap yang paling banyak memenangkan balapan di Sirkuit Brno, dengan masing-masing tujuh kali juara di tiga kelas berbeda yakni 125 cc, 250 cc, 500 cc, dan MotoGP. Keduanya juga menjadi pembalap yang paling banyak memulai balapan dari posisi terdepan dengan catatan tiga kali.

5. Di kelas MotoGP, tim Honda telah mencatatkan tujuh kemenangan di Brno. Mereka menjadi satu-satunya tim pengoleksi terbanyak kemenangan disusul Yamaha (enam), dan Ducati (dua).

6. Tahun lalu, Cal Crutchlow keluar sebagai pemenang. Kemenangan ini membuat Crutchlow mematahkan rekor Barry Sheene sebagai pembalap Inggris yang bisa menang di kelas elit balap motor. Terakhir kali pembalap Britania Raya menang di Grand Prix 500cc pada tahun 1981.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.