Sukses

Neymar Gabung PSG, Barcelona Bak Dijauhi Pemain Brasil

Barcelona semakin jarang memakai jasa pemain-pemain asal Brasil.

Liputan6.com, Barcelona - Neymar menjadi pemain ke-30 asal Brasil yang pernah membela Barcelona. Dia menghabiskan empat musim dengan klub asal Katalunya ini sebelum memutuskan hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG).

Seperti dilansir Marca, di antara pemain asing lain, Barcelona bisa disebut cukup mesra setiap kali merekrut pemain asal Brasil. Mereka kerap memberi kebahagiaan buat Barcelona.

Sebelum Neymar, ada Evaristo, Ronaldo da Lima, Rivaldo, Ronaldinho, Maxwell dan Dani Alves. Mereka adalah sedikit dari nama-nama yang pernah membela Barcelona. Mayoritas dari pemain Brasil yang membela Barcelona selalu tampil memuaskan.

Meski begitu, hanya Neymar boleh jadi yang membuat Barcelona sedikit kecewa. Pemain ini memilih hengkang saat klub masih membutuhkannya.

Tak aneh apabila penggemar Barcelona menyebut Neymar sudah berkhianat. Meski Neymar sendiri ogah menyebutnya demikian.

"Seorang atlet hidup karena adanya tantangan. Buat saya, Barcelona, lebih dari tantangan," kata Neymar.



Dengan hengkangnya Neymar, apakah Barcelona mulai menjauhi atau dijauhi pemain-pemain asal Brasil? Hanya waktu sepertinya yang bisa menjawab ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Silsilah Brasil

Pemain Brasil pertama yang membela Barcelona adalah Fausto Dos Santos. Dia gabung dengan Barcelona di musim 1931/32.

Setelah Dos Santos, ada pula Jaguare, Lucidio Batista, Evaristo Macedo, Silva, Mario Marinho dan Bio. Di era 1990-an, kita mengenal Aloisio Pires, Romario, Giovani, Ronaldo Nazario, Anderson dan Rivaldo.

Lalu pada era 2000-an, Barcelona punya Rivaldo,Rochemback, Deiberson, Ronaldinho, Belletti, Sylvinho, Edmilson, Henrique dan Keirison (dua transfer gagal), Dani Alves, Maxwell, Adriano, Neymar, Rafinha, Douglas dan Marlon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Neymar