Sukses

Angel Nieto, Legenda Balap Motor dengan Koleksi Gelar 12+1

Liputan6.com, Ibiza - Legenda balap motor, Angel Nieto meninggal di usia 70 tahun. Nieto meninggal di rumah sakit  Our Lady of the Rosary di Ibiza, Spanyol setelah delapan hari mendapat perawatan usai mengalami kecelakaan di daerah wisata tersebut. 

Angel Nieto legenda balap motor dunia. Pria asal Spanyol itu merupakan pembalap kedua yang paling banyak meraih gelar di ajang Grand Prix. Sepanjang karier, dia memenangkan 13 gelar juara dunia, hanya kalah dari Giacomo Agostini (15 gelar).

Rinciannya, enam gelar juara motor kelas 50 cc dan tujuh gelar juara di kelas 125cc.

Namun Nieto tidak pernah mau menyebut gelar juara dunianya sudah 13 kali. Dia menganggap 13 merupakan angka sial. Jadi, dia menyebut jumlah gelarnya 12+1.

Nieto memulai kariernya di dunia balap pada 1964, saat berusia 17 tahun. Selama kariernya, Nieto pernah 139 kali naik podium. Prestasi ini hanya kalah dari Agostini dan Valentino Rossi. Dia mengundurkan diri sebagai pembalap di usia 39 pada 1986.



Kepergian Nieto membuat dua pembalap MotoGP, Valentino Rossi, dan Marc Marquez berduka. Keduanya merasa kehilangan sosok panutan.

"Bagi saya, hal paling hebat dari Nieto adalah kekuatan yang dimiliknya di usia 70. Saya ingat sekitar sepuluh tahun lalu, kami di Ibiza dan dia masih mengajak saya berpesta saat sudah jam lima pagi," ujar Rossi seperti dikutip dari Crash.

"Ketika kali pertama datang ke kejuaraan ini pada 2008, Angel Nieto salah satu legenda yang menghampiri saya dan kami punya hubungan yang bagus. Kami menghabiskan waktu bersama, tidak hanya di atas trek," timpal Marquez.

Artikel Selanjutnya
Kenta Kameron Ramaikan ISOM BSD City
Artikel Selanjutnya
PHOTO: Kegembiraan Pemain Real Madrid Raih Juara Piala Super Spanyol 2017