Sukses

Kisah Neymar (2): Dari Bocah Miskin hingga Pemain Termahal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Paris Saint-Germain (PSG) resmi merekrut bintang Barcelona, Neymar. Kepastian ini didapat setelah Barcelona sudah mengonfirmasi pembayaran senilai 222 juta euro (Rp 3,4 Triliun) dari PSG untuk transfer Neymar.

Usai proses pembayaran, pemain kelahiran Brasil 5 Februari 1992 ini, langsung menandatangani kontrak bersama PSG.

"Paris Saint-Germain dengan bahagia mengumumkan kedatangan Neymar Jr. Pemain asal Brasil itu telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun bersama PSG. Neymar Jr kini terikat kontrak di PSG sampai 30 Juni 2022," demikian pernyataan pihak PSG.

Proses kepindahan Neymar ke klub Prancis selesai, Neymar langsung dinasbihkan sebagai pemain termahal di dunia. Dia memecahkan rekor sebelumnya, yang dipegang Paul Pogba, saat pindah ke Manchester United dari Juventus dengan nilai transfer 105 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun.



Dalam situs resmi PSG, Neymar mengatakan, "Saya sangat senang bergabung dengan Paris Saint-Germain. Sejak saya datang ke Eropa, PSG selalu menjadi salah satu klub yang kompetitif."

"Motivasi saya adalah membantu menaklukkan gelar yang diinginkan penggemar mereka (di Liga Champions)," ujar Neymar menambahkan.

1 dari 4 halaman

Nyaris Tewas

Neymar da Silva Santos Junior, demikian nama lengkapnya, lahir di Mogi das Cruzes, Brasil. Dia merupakan anak dari pasangan Neymar da Silva Sr dan Nadine Santos.

Neymar memang menghabiskan sebagian masa kecilnya di daerah miskin yang banyak tersebar di Brasil. Tak jarang pemain berusia 23 tahun itu, harus tidur sekamar dengan ayahnya, Neymar Sr di rumah kakeknya yang kecil--seperti yang dialami oleh jutaaan anak-anak miskin di Brasil.

Sang ayah memiliki nama panggilan kesayangan untuknya, Juninho, di saat Neymar masih kecil. Meski demikian, Neymar tidak pernah tinggal di favela. Pada tahun 2003 dia dan keluarganya pindah ke Sao Vicente sebelum menetap di Santos.

Sang ayah, Neymar da Silva, pernah menceritakan kejadian yang hampir membuat anaknya urung jadi pesepak bola ternama.  Siapa yang tahu jika
Neymar pernah hampir tewas saat masih berumur 4 bulan.

Seperti dikisahkan dalam buku biografi Neymar Jr, peristiwa yang nyaris merengut nyawanya itu, terjadi ketika Neymar sekeluarga sedang dalam perjalanan menuju Kota Santos untuk mengunjungi keluarganya.

Kecelakaan terjadi di sebuah jalan berkelok ke kiri. Sebuah mobil dari arah berlawanan melintas. Meski sudah mencoba menghindar, sebuah mobil lain menghajar sisi kanan mobil Neymar Junior dari arah belakang. "Saya menjerit 'mati saya, mati saya'," ujar sang ayah.

2 dari 4 halaman

Pele Masa Depan

Neymar memulai karier sepak bolanya saat ia bergabung bersama klub junior Portuguesa Santista. Pada 2003, dia bergabung ke akademi Santos yang juga pernah menghasilkan pesepakbola sukses seperti Coutinho, Clodoaldo, Diego, Elano dan Alex.

Perjuangan Neymar saat mulai merintis kariernya tidaklah mudah. Ia harus melewati 6 tahun sebelum resmi merumput. Debut perdananya di lapangan dengan tim Santos FC Senior terjadi 7 Maret 2009.

Pemain yang mendapat julukan "Pele Masa Depan" ini, mencetak 14 gol dari 48 pertandingan di musim perdananya itu.

Sejak itu bakat besar Neymar makin kentara. Di musim 2010, ia membawa timnya memenangi ajang Campeonato Paulista, dan juga sukses  mencetak 42 gol selama musim itu. Prestasi tersebut mengantarkan Neymar menempati posisi ketiga penghargaan South American Footballer of the Year 2010. Nama Neymar pun disejajarkan dengan legenda bola Brasil lainnya seperti Robinho dan Pele.

3 dari 4 halaman

Gol El Clasico

Petualangan Neymar di sepak bola dunia, berlanjut ketika klub Liga Inggris, West Ham United, mencoba merekrutnya dengan menyodorkan kontrak yang saat itu senilai 12 juta pounds (Rp 214 miliar). Namun, Neymar menolaknya dan mengaku ingin fokus di Brasil.

Menariknya, kehebatan Neymar ternyata sempat menarik perhatian Real Madrid. Los Blancos menunjukkan ketertarikan mereka dengan menawarkan prakontrak pada Neymar. Tapi, ia memilih untuk memperpanjang kontrak dengan tim lamanya, Santos FC.

Mimpinya bermain di Eropa membuatnya hijrah ke Barcelona. Ia resmi bergabung bersama Lionel Messi dkk, 25 Mei 2013 dengan masa kontrak 5 tahun.

Neymar mencetak gol pertamanya 7 Agustus 2013. Mantan kekasih model cantik Bruna Marquzine itu, kembali mencetak sukses di laga perdana El Clasico Real Madrid vs Barcelona. Gol pertamanya itulah yang membuka kemenangan untuk La Blaugrana.

Neymar pertamakali bermain di Timnas Brasil pada U-17 Championship tahun 2009. Sejak saat itu, ia terus tampil membela negaranya di berbagai tingkatan umur mulai U-20, U-23 hingga senior.

Artikel Selanjutnya
Gabung Barcelona, Paulinho Termahal di Spanyol
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: 3 Calon Pengganti Coutinho di Liverpool