Sukses

Pantaskah Neymar Jadi Pemain Termahal Dunia?

Liputan6.com, Barcelona - Neymar akhirnya resmi meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2017. Ini setelah klub Prancis itu mengaktifkan klausul pelepasan Neymar sebesar 222 juta euro atau sekitar Rp 3,47 triliun. Dalam kontrak berdurasi lima tahun itu, Neymar mendapat gaji 30 juta euro atau sekitar Rp 474 miliar per tahun.

Nilai transfer Neymar dari Barcelona ke PSG mengalahkan rekor transfer Paul Pogba. Ketika memboyong kembali gelandang asal Prancis tersebut dari Juventus pada musim panas 2016, Manchester United (MU) harus mengeluarkan biaya 105 juta euro atau sekitar Rp 1,6 triliun.

Ini merupakan kali kedua Neymar menjadi pemain termahal dunia. Sebelumnya, ia pernah menyandang predikat tersebut ketika diboyong Barcelona dari Santos dengan nilai transfer 85 juta euro atau Rp 1,3 triliun pada 2013.

Pantaskah Neymar menjadi pemain termahal di dunia? Seperti diketahui, Neymar merupakan salah satu pilar kunci Barcelona. Bersama Lionel Messi dan Luis Suarez, ia tampil trengginas di lini depan Blaugrana.

Infograsif Neymar

Pada musim 2015-16, Neymar membantu Barcelona memenangkan gelar juara La Liga Spanyol dan Copa del Rey. Di musim itu, dia mencetak 31 gol di seluruh kompetisi.

Neymar pun sempat menjadi kandidat peraih gelar Ballon d'Or 2015. Saat voting, pemain 25 tahun itu berada di posisi ketiga di bawah Messi dan Cristiano Ronaldo.

Meski layak disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia berkat berbagai torehan prestasinya, Neymar dianggap Pele masih belum sebanding dengan Messi dan Cristiano Ronaldo. "Dia memang bagus, tapi dia tak memiliki kualitas Ronaldo dan Messi," kata legenda Brasil tersebut.

Kualitas Neymar memang belum sebanding Messi dan Ronaldo. Namun, Barcelona menganggap Neymar sebagai aset berharga. Karena itu, tim Catalan ini memagari Neymar dengan klausul pelepasan sebesar 222 juta euro di kontrak yang ditandatangani pada 2016 lalu. Jumlah itu akan meningkat hingga 250 juta euro pada Oktober 2017.

Dibandingkan Neymar, Messi lebih layak menyandang sebagai pemain termahal di dunia. Namun, seperti diketahui, Barcelona tak akan menjual megabintangnya tersebut. Terlebih, dalam kontrak yang baru ditandatangani, klausul pelepasan pemain Timnas Argentina itu melonjak hingga 300 juta euro atau sekitar Rp 4,74 triliun.

 

Artikel Selanjutnya
Kiper Manchester City Dukung Neymar Pecah Dominasi Messi-Ronaldo
Artikel Selanjutnya
Atlet UFC Jadi Perisai Hidup Neymar Setelah Gabung PSG