Sukses

Selain Neymar, Ini 9 Pemain Termahal Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Paris Saint-Germain (PSG) telah merampungkan transfer Neymar dari Barcelona. PSG menebus klausul pelepasan Neymar sebesar 222 juta euro (Rp 3,5 triliun). Jumlah tersebut mengalahkan rekor dunia milik Paul Pogba sewaktu pindah dari Juventus ke Manchester United pada 2016.

Bersama PSG, Neymar menandatangani kontrak selama lima tahun. Menurut media-media Prancis, penggawa timnas Brasil itu akan mendapatkan gaji 67 juta euro (Rp 962 miliar) per musim.

Neymar akan mengenakan nomor punggung 10 di PSG. Sang pemain tidak asing dengan nomor punggung tersebut karena kerap mengenakannya sewaktu memperkuat timnas Brasil.

PSG mendatangkan Neymar karena pemain 25 tahun itu memiliki mentalitas pemenang. Mereka berharap, Neymar dapat mewujudkan mimpi merengkuh trofi Liga Champions.

Barcelona meraih keuntungan besar dari penjualan Neymar. Blaugrana hanya membayar 88,2 juta euro (Rp 1,39 triliun) sewaktu merekrutnya dari Santos pada 2013.

Saat ini, Neymar merupakan pesepak bola termahal dunia. Berikut ini, Bola.com merangkum sembilan pemain mahal lainnya:

1 dari 5 halaman

James Rodriguez, Angel Di Maria, dan Luis Suarez

James Rodriguez (2014)

James Rodriguez mencuri perhatian ketika tampil pada Piala Dunia 2014. Penampilan apiknya bersama timnas Kolombia membuat Real Madrid rela menggelontorkan dana 75 juta euro (Rp 1,18 triliun) kepada AS Monaco.

Akan tetapi, James gagal bersinar di Real Madrid. Pemain 26 tahun itu kalah bersaing dengan Toni Kroos, Luca Modrid, dan Casemiro. Hal tersebut membuat James memutuskan hengkang ke Bayern Munchen dengan status pinjaman pada bursa transfer musim panas 2017.

Angel Di Maria (2014)

Kedatangan James Rodriguez membuat Angel Di Maria ingin hengkang dari Real Madrid. Hal itu membuat Di Maria menerima tawaran Manchester United dengan harga yang sama dengan James satu bulan berselang.

Pembelian Di Maria merupakan rekor transfer Manchester United saat itu. Namun, pemain asal Argentina itu gagal berkembang di Old Trafford sehingga dijual ke PSG dengan harga 63 juta euro (Rp 996 miliar) satu musim berselang.

Luis Suarez (2014)

Barcelona mengambil risiko besar sewaktu mendatangkan Luis Suarez dari Liverpool. Bukan tanpa alasan, saat itu Suarez tengah menjalani hukuman karena terlibat insiden dengan Giorgio Chiellini pada Piala Dunia 2014.

Blaugrana mengeluarkan uang yang tidak sedikit, 81,72 juta euro (Rp 1,29 triliun). Namun, Suarez berhasil menunjukkan kualitas bersama Barcelona. Pemain asal Uruguay itu sukses mengantarkan Barcelona merengkuh tiga gelar (La Liga, Liga Champions, dan Copa del Rey) pada musim pertamanya.

2 dari 5 halaman

Romelu Lukaku dan Neymar

Romelu Lukaku (2017)

Kepergian Zlatan Ibrahimovic pada akhir musim 2016-2017 membuat Manchester United memerlukan penyerang baru. Dari semua nama yang dikaitkan ke Old Trafford, manajer Jose Mourinho memilih Romelu Lukaku.

Bukan tanpa alasan, Mourinho pernah bekerja sama dengan Lukaku sewaktu masih di Chelsea. Manchester United membayar 84,7 juta euro (Rp 1,33 triliun) kepada Everton untuk mendatangkan Lukaku.

Neymar (2013)

Barcelona memecahkan rekor pembelian termahal sewaktu mendatangkan Neymar dari Santos pada 2013. Padahal, saat itu Neymar baru berusia 21 tahun dan belum pernah memperkuat kesebelasan di luar Brasil.

Saat itu, Blaugrana mengeluarkan dana 88,2 juta euro (Rp 1,39 triliun). Jumlah tersebut tidak sia-sia, Neymar langsung membentuk kombinasi mematikan bersama Lionel Messi dan Luis Suarez.

 

3 dari 5 halaman

Gonzalo Higuain dan Cristiano Ronaldo

Gonzalo Higuain (2016)

Gonzalo Higuain menyamai rekor Gino Rossetti sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim sepanjang sejarah Serie A pada musim 2015-2016. Saat itu, Higuain berhasil mencetak 36 gol untuk Napoli.

Prestasi tersebut membuat Juventus rela memecahkan rekor pembelian termahal untuk mendatangkan Higuain. Bukan tanpa alasan, I Bianconeri membutuhkan penyerang berkualitas. Saat itu, Juventus menebus klausul pelepasan penyerang Argentina tersebut seharga 90 juta euro (Rp 1,42 triliun).

Cristiano Ronaldo (2009)

Florentino Perez mencanangkan proyek Galacticos jilid kedua sewaktu kembali terpilih sebagai Presiden Real Madrid pada 2009. Perez mendatangkan Kaka dari AC Milan.

Setelah itu, Perez memecahkan rekor pembelian termahal sewaktu merekrut Cristiano Ronaldo dari Manchester United. Real Madrid harus membayar 94 juta euro (Rp 1,48 triliun) untuk mengamankan jasa kapten timnas Portugal tersebut.

4 dari 5 halaman

Gareth Bale dan Paul Pogba

Gareth Bale (2013)

Real Madrid membuat kejutan sewaktu mendatangkan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur pada 2013. Banyak pihak menganggap Bale tidak pantas dihargai 101 juta euro (Rp 1,59 triliun).

Bukan tanpa alasan, pemain asal Wales itu dianggap belum memiliki prestasi cukup untuk menyandang status pemain termahal. Namun, Bale berhasil membungkam para pengkritik, setelah membantu Real Madrid memenangi Liga Champions pada musim pertamanya.

Paul Pogba (2016)

Manchester United mengeluarkan dana besar untuk membawa Paul Pogba pulang ke Old Trafford pada 2016. Saat itu, The Red Devils membayar 105 juta euro (Rp 1,66 triliun) kepada Juventus.

Padahal, Manchester United melepas Pogba secara cuma-cuma empat tahun sebelumnya. Pemain asal Prancis itu membuktikan kualitas bersama The Red Devils setelah mengantarkan mereka memenangi Community Shield, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa pada musim pertamanya.

Sumber: Berbagai sumber

Artikel Selanjutnya
Atlet UFC Jadi Perisai Hidup Neymar Setelah Gabung PSG
Artikel Selanjutnya
Gabung Barcelona, Paulinho Termahal di Spanyol