Sukses

5 Tantangan Ini Menanti Neymar di PSG

Liputan6.com, Paris - Neymar sudah resmi menjadi pemain Paris Saint-Germain (PSG). Dia diboyong dengan transfer 222 juta euro (Rp 3,4 Triliun) yang sekaligus menjadi transfer termahal sedunia.

Dengan status itu, Neymar tentu tak akan lepas dari tekanan. Meski kualitasnya sudah tak diragukan, tapi Neymar bakal terus disorot sepak terjangnya.

Neymar dituntut untuk membuktikan harga mahalnya di PSG. Tentu, klub Ligue 1 Prancis ini bukan Barcelona yang sudah punya akar prestasi dan pemain yang mumpuni.

Di PSG, Neymar seperti memulai lagi segalanya dari nol. Bahkan banyak yang menyebutkan jika Neymar sudah melakukan langkah mundur dengan gabung PSG.

Alasan PSG mau membayar mahal Neymar karena minimnya trofi di level Eropa seperti Liga Champions. Apalagi 5 tantangan yang sudah menanti Neymar? Berikut rinciannya seperti dikutip Marca:

1 dari 4 halaman

Tantangan 1 dan 2

1. Buktikan Harga Mahal

Neymar harus bisa membuktikan harga mahalnya kepada dunia. Tentu cara membuktikannya dengan memberi gol untuk klub baru.

Tak hanya gol, Neymar juga wajib memberi gelar buat PSG. Jika gagal, maka Neymar bakal dikritik habis-habisan karena dinilai hanya jadi pemborosan saja di bursa transfer.

Entah kapan rekor transfer Neymar ini bakal pecah. Sejauh ini, rekor transfer baru mencapai 100 juta ke atas. Namun harga Neymar sudah menyentuh 200-an juta euro.

2. Bisa Memimpin

Tantangan lain yang wajib dijalani Neymar yaitu memimpin skuat PSG. Kini, dia tidak lagi didampingi banyak pemain terbaik dunia seperti di Barcelona.

Di sinilah, Neymar wajib membuktikan mampu bisa memimpin PSG menjadi klub besar. Meski PSG juga dihuni pemain bagus, tapi kualitasnya jelas berbeda dengan Barcelona.

Satu keuntungan dimiliki Neymar karena relatif mengenal rekan-rekannya di PSG. Maklum, klub asal Prancis ini dihuni banyak pemain asal Brasil. Neymar bakal merasa berada di rumah sendiri.

2 dari 4 halaman

Tantangan 3 dan 4

3. Cegah Kejutan di Ligue 1

Dengan status pemain termahal di dunia, Neymar wajib membawa PSG kembali menjadi juara Ligue 1. PSG tak boleh lagi terpeleset seperti musim lalu setelah AS Monaco keluar sebagai juara.

Juara Ligue 1 jadi harga mati buat Neymar. PSG ingin kembali ke trek seperti jadi juara Ligue 1 enam kali beruntun. Untuk yang satu ini, PSG sepertinya tak kesulitan. Apalagi klub rival seperti AS Monaco yang pemainnya banyak hengkang ke klub lain.

Sedangkan klub lain seperti Nice, Olympique Marseile dan Olympique Lyon relatif adem ayem di bursa transfer. Ini menjadi alasan kuat PSG bakal merajalela di Ligue 1 bersama Neymar.

4. Juara Liga Champions

Ini trofi yang paling diinginkan PSG sejak diambil alih oleh konsorsium Qatar. PSG terobsesi untuk menjadi juara Liga Champions dengan mendatangkan Neymar ke dalam tim.

Dalam beberapa musim terakhir, PSG paling bagus hanya mampu lolos ke perempat final. Klub Ligue 1 ini biasanya selalu terjungkal kala jumpa dengan tim kuat seperti Barcelona, Bayern Munchen atau Real Madrid.

3 dari 4 halaman

Tantangan 5

5. Memenangkan Ballon d'Or

Neymar digadang-gadang incar trofi Ballon d'Or dengan gabung dengan PSG. Diduga, Neymar merasa kesulitan dapatkan trofi itu jika main di Barcelona.

Neymar diharapkan bisa patahkan dominasi dua bintang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang terus-terusan jadi pemenang trofi Ballon d'Or. Selama ini, banyak yang percaya jika Neymar memang menjadi pendobrak dominasi Messi dan Ronaldo dalam perebutan trofi Ballon d'Or.

Pemain dengan nama lengkap Neymar Jr ini tentu terobsesi ikuti jejak pemain Brasil lainnya seperti Ronaldinho, Ronaldo Luis Nazario dan Kaka yang pernah mengangkat si bola emas itu.

Neymar bisa turut memenangkan trofi Ballon d'Or jika dia sukses mengantar PSG juara Liga Champions. Dia juga bisa rebut trofi ini jika mengantarkan timnas Brasil juara Piala Dunia. Tantangan terakhir lebih realistis buat Neymar, tapi siapa tahu?

Artikel Selanjutnya
Barcelona Krisis Identitas
Artikel Selanjutnya
Pelatih Toulouse Sindir Transfer Fenomenal Neymar