Sukses

MotoGP: Kecepatan Yamaha Belum Bikin Rossi Puas

Rossi siap memperbaiki kecepatannya pada sisa agenda MotoGP Ceko 2017.

Liputan6.com, Brno - Sesi latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Republik Ceko 2017 di Sirkuit Brno, Jumat (5/8/2017), tak cukup memuaskan Valentino Rossi. Pembalap Movistar Yamaha itu gagal mendapatkan catatan waktu bagus.

Pada latihan bebas pertama MotoGP Ceko, awalnya Rossi mampu menempel barisan depan. The Doctor duduk di urutan kelima hanya dengan selisih 0,511 detik dari Johann Zarco, pembalap Yamaha Tech 3 yang menempati posisi teratas.

Sayang, kecepatannya justru semakin buruk pada latihan bebas kedua. Pembalap berusia 38 tahun itu terpuruk di urutan ke-14. Catatan waktunya pun terpaut 1,064 detik dari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso di posisi teratas.

"Pada akhirnya, posisi saya sangat buruk karena saya ada di urutan ke-14. Tapi tidak terlalu buruk, terutama pada pagi hari. Saya cukup senang dengan FP1 karena cukup kuat, cukup kompetitif di bawah guyuran hujan. Dan di musim ini saya selalu menderita saat hujan," kata Rossi, dilansir Crash.

Sejatinya, MotoGP Ceko adalah seri yang cukup bersahabat dengan Rossi. Pengoleksi gelar juara dunia MotoGP tujuh kali itu memiliki beberapa kenangan manis, khususnya saat ia rutin naik podium pada musim 2014-2016.



Namun, Rossi juga sudah cukup lama tak merebut podium juara MotoGP Ceko. Tercatat, kemenangan terakhirnya di sana didapat pada musim 2009. Penting bagi Rossi untuk segera memperbaiki kecepatannya jika tak ingin tren buruk itu berlanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Optimistis

Kesempatan bagi Rossi untuk meningkatkan YZR-M1 tunggangannya pun masih terbuka. Pasalnya, masih ada latihan bebas ketiga dan keempat yang harus dilalui. Setelah itu, Rossi dan pembalap lainnya akan berjuang menentukan posisi pada sesi kualifikasi.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi siap beraksi pada MotoGP Republik Ceko 2017 di Sirkuit Brno. (Michal Cizek / AFP)

"Saya pikir kami harus bekerja pada motor, keseimbangan, dan lainnya. Tapi saya pikir kecepatan tidak terlalu buruk. Saya merasa cukup nyaman dengan motor. Ini masih awal, tapi kami masih harus bekerja karena semuanya akan jauh lebih cepat dan kuat," tegas Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.