Sukses

MotoGP: Belum Stabil, Lorenzo Minta Bantuan Cuaca

Lorenzo berharap cuaca lebih bersahabat pada latihan bebas ketiga dan keempat MotoGP Ceko 2017.

Liputan6.com, Brno - Setelah mengejutkan pada latihan bebas pertama, Jorge Lorenzo malah terpuruk dilatihan bebas kedua MotoGP Republik Ceko 2017 di Sirkuit Brno, Jumat (5/8/2017). Padahal, itu adalah momen perdananya menggunakan fairing anyar.

Sebelumnya, kecepatan Lorenzo pada latihan bebas pertama MotoGP Ceko mengejutkan banyak pihak. Itu karena ia mampu menempati posisi ketiga. Pembalap asal Spanyol itu hanya terpaut 0,120 detik dari Johann Zarco yang menjadi tercepat.

Padhaal, saat itu latihan bebas pertama MotoGP Ceko berlangsung dengan kondisi lintasan basah. Sayang, tren positif itu gagal dipertahankan X-Fuera pada latihan bebas kedua. Kali ini, ia hanya menempati posisi ke-15 dengan selisih 1,064 detik dari pembalap tercepat, Andrea Dovizioso.

"Kami mencoba fairing (Hammerhead) di Qatar dan hasilnya lebih negatif. Karena itulah kami tidak lagi menggunakannya. Tapi yang satu ini, saya pikir hanya dalam lima lap kami punya potensi lebih baik," kata Lorenzo, dilansir Crash.



"Besok (hari ini) saya ingin membuat lebih banyak putaran, untuk mencoba memahami setting mana yang harus menjadi fokus. Pastinya fairing baru ini meminta beberapa modifikasi untuk mencoba mendapatkan grip belakang lebih banyak. Jika cuaca membantu, kami akan mencoba memiliki lebih banyak kilometer," ia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fairing Baru

Sejak penggunaan sayap dilarang pada MotoGP 2017, Ducati memang memusatkan upayanya dalam pembuatan fairing. Tujuannya adalah membuat fairing dengan fokus pada downforce agar motor memiliki lebih banyak keseimbangan, baik saat tikungan maupun lintasan lurus.

Fungsi fairing baru pun hampir sama dengan sayap atau winglet. Kebetulan, sayap pula yang membuat Ducati memiliki rapor bagus sejak akhir musim lalu. Dalam tes pramusim pun mereka begitu cepat dengan penggunaan sayap.

"Sampai saat ini sulit bagi kami mencapai tingkat saat masih dengan sayap. Tapi kami mulai mendekatinya. Secara umum semuanya positif, katakanlah 80% positif, 20% negatif. Dalam hal kelincahan tidak berubah banyak atau tidak sebanyak yang diharapkan," papar Lorenzo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.