Sukses

MotoGP: Fairing Radikal Ducati Bikin Dovizioso Galau

Dovizioso salah satu kandidat juara dunia MotoGP 2017.

Liputan6.com, Brno - Andrea Dovizioso semakin mendekatkan namanya sebagai kandidat juara dunia MotoGP 2017. Gambaran itu setidaknya sudah terlihat saat pembalap Ducati Corse memulai sesi latihan bebas di hari pertama dengan positif.

Pada latihan bebas pertama, Dovizioso menyelesaikan tempat di urutan 13 dengan catatan waktu 2 menit 06.261 detik. Pada latihan sore, pembalap dengan julukan Little Dragon itu merangsek ke posisi pertama setelah menorehkan waktu 1 menit 56,332 detik.

Artinya, peluang Dovizioso mengudeta posisi Marc Marquez di puncak klasemen sementara MotoGP dengan selisih 6 poin bisa terwujud. Dengan catatan, dia harus mampu tampil konsisten hingga sesi kualifikasi yang dijadwalkan akan berlangsung, Sabtu (5/8/2017) malam WIB.

Keberhasilan Dovi mengumpulkan waktu tercepat tak lepas dari inovasi yang dilakukan tim Ducati untuk memulai debut fairing baru pada Desmocedici GP17. Pabrikan Italia itu memang sengaja memodifikasi fairing baru dengan memanfaatkan downforce (efek gaya tekan ke bawah) pada motor.



Tak hanya menempatkan fairing baru saja. Dovi juga menjajal swing arm yang bermanfaat untuk meredam efek guncangan motor saat melewati area yang tidak rata. Maklum, Sirkuit Brno dikenal di ajang MotoGP memiliki banyak benjolan di beberapa titik yang menyebabkan kecepatan motor kurang stabil.

"Kami mencoba sesuatu swing arm tapi kondisinya tidak mudah untuk memahami perbedaannya, jadi kami harus bekerja lebih banyak di latihan berikutnya," kata Dovi seperti dikutip dari Crash, Sabtu (5/8/2017).

"Tentang fairing, tetap saja saya tidak tahu apakah saya akan menggunakannya pada hari Sabtu atau tidak. Karena saya harus menganalisis data dari hari ini, dari Jorge, dan mengambil keputusan untuk latihan berikutnya. Saya juga tidak tahu apakah akan menggunakan fairing pada akhir pekan ini atau akhir pekan depan," papar Dovi. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.