Sukses

Selain Neymar, 3 Pemain yang Berkostum Barcelona dan PSG

Liputan6.com, Barcelona - Neymar akhirnya meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) pada pekan ini. Klub Prancis itu mengaktifkan klausul pelepasan Neymar senilai 222 juta euro atau sekitar Rp 3,47 triliun.

Transfer Neymar dari Barcelona ke PSG membuat bintang asal Brasil itu menyandang status sebagai pemain termahan dunia. Pemain 25 tahun ini memecahkan rekor transfer Paul Pogba saat diboyong Manchester United (MU) dari Juventus pada bursa transfer musim panas 2016 senilai Rp 1,6 triliun.

Dengan PSG, Neymar menandatangani kontrak lima tahun. Mantan pemain Santos itu akan menerima gaji bersih 30 juta euro atau sekitar Rp 473,5 miliar, per tahun.

Neymar juga dikabarkan menerima signing fee sebesar 45 juta euro atau Rp 710,3 miliar. Jika ditotal, dia akan mengantongi Rp 3,077 triliun.

Sebelum Neymar, ada sejumlah pemain yang pernah berkostum Barcelona dan PSG. Namun, Liputan6.com hanya mengangkat empat pemain saja. Berikut keempat pemain tersebut:

1 dari 4 halaman

1. Ronaldinho

Meninggalkan Gremio pada 2011 silam, Ronaldinho Gaucho memutuskan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) ketika memulai karier profesionalnya di Eropa. Dia dua musim bermain untuk PSG. Namun, Ronaldinho gagal membawa PSG meraih gelar Ligue 1 Prancis.

Ronaldinho kemudian dipinang Barcelona pada 2003. Dia kemudian menjadi bintang di Camp Nou. Ronaldinho membawa tim Catalan dua musim berturut-turut memenangkan gelar juara La Liga Spanyol, yakni 2004-05 dan 2005-06.

Selain itu, Ronaldinho juga mempersembahkan trofi Liga Champions pada musim 2005-06. Di Barcelona, dia juga jadi mentor Lionel Messi, yang kini menjadi megabintang Blaugrana.

2 dari 4 halaman

2. Thiago Motta

Thiago Motta bergabung dengan Barcelona B pada 1999. Dua tahun kemudian, pemain kelahiran Brasil itu naik ke tim utama Barcelona.

Enam musim bermain untuk Barcelona, sejumlah gelar dimenangkan Motta, di antaranya La Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, dan Liga Champions. Setelah itu, Motta memutuskan meninggalkan Camp Nou dan bermain untk Atletico Madrid, Genoa, serta Inter Milan.

Setelah itu, Motta memutuskan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) di musim panas 2012 hingga kini. Gelandang 34 tahun itu membantu PSG memenangkan gelar juara Ligue 1 Prancis empat musim beruntun dari 2012 hingga 2016.

3 dari 4 halaman

3. Zlatan Ibrahimovic

Meninggalkan Inter Milan pada musim panas 2009, Zlatan Ibrahimovic bergabung dengan Barcelona. Dua musim bersama tim Catalan, Ibrahimovic kurang mendapatkan kesempatan bermain. Eks pemain Timnas Swedia tersebut hanya tampil di 29 laga dengan mencetak 16 gol selama semusim musim.

Ibrahimovic kemudian meninggalkan Camp Nou dan bergabung dengan AC Milan sebagai pemain pinjaman pada 2010. Hanya dua musim di San Siro, ia memulai petualangan barunya bersama Paris Saint-Germain pada 2012.

Ibrahimovic membawa PSG menjuara Ligue 1 Prancis empat musim berturut-turut pada 2012 sampai 2016. Setelah itu, striker 35 tahun itu memutuskan pergi dan bergabung dengan Manchester United.

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Barcelona Krisis Identitas
Artikel Selanjutnya
PSG Tertawakan Kekalahan Barcelona dari Real Madrid