Sukses

Start dari Posisi 2 MotoGP Ceko, Rossi Tetap Cemas

Rossi berharap balapan MotoGP Ceko 2017 dalam kondisi kering.

Liputan6.com, Brno - Melihat Valentino Rossi start dari baris pertama pada balapan MotoGP adalah pemandangan yang cukup langka. Hal itu yang akan dilihat publik pada balapan MotoGP Republik Ceko 2017 di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017).

Hasil yang didapat Rossi pada kualifikasi MotoGP Ceko sebenarnya sudah diprediksi sejak awal. Itu karena ia memiliki kecepatan bagus pada sesi latihan bebas. Hanya pada latihan bebas kedua di mana pembalap Movistar Yamaha itu sedikit menderita.

Berkat pencapaian itu, Rossi pun tak perlu bersusah payah berjuang dari kualifikasi pertama. Ia berhak langsung mengikuti kualifikasi kedua dan sukses menempel kecepatan Marc Marquez, pembalap Repsol Honda yang merebut pole position.

Catatan waktu The Doctor 1 menit 55,073 detik hanya terpaut 0,092 detik dari The Baby Alien. Namun, start dari baris pertama juga bukan jaminan bagi Rossi untuk mendapatkan podium. Pasalnya, pembalap lain juga memiliki kecepatan yang bagus.

Apalagi ada faktor yang diprediksi bakal sangat mempengaruhi hasil balapan. Faktor tersebut adalah strategi ban dan cuaca. "Kami bisa balapan dengan ban medium, dengan keras, atau kami bisa balapan dengan satu keras dan satu medium. Itu sangat tergantung pada suhu," ungkap Rossi, dilansir Crash.

Pengoleksi satu podium juara MotoGP 2017 itu menambahkan, "Terpenting besok pagi (hari ini) mencoba memahami kondisi suhu. Sepertinya ramalan cuaca tidak begitu bagus. Saya berharap balapan kering. Tapi pada FP1 di lintasan basah saya juga cukup kuat. Kami akan menunggu kondisinya."

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren Positif

Bagi Rossi, podium MotoGP Ceko akan menjadi momen sangat penting yang bisa membuatnya terus terlibat dalam persaingan gelar. Pembalap berusia 38 tahun itu kini menempati posisi keempat klasemen. Namun, raihan 119 poinnya hanya terpaut 10 poin dari Marquez yang ada di puncak klasemen.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi pada kualifikasi MotoGP Republik Ceko 2017. (Michal Cizek / AFP)

Untungnya, tiga musim terakhir Rossi mampu mengamankan podium MotoGP Ceko. Namun, tak satu pun dari tiga musim itu berupa podium juara. Tercatat, kemenangan terakhir Rossi di Brno didapat pada musim 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.