Sukses

Pedrosa Pantang Buang Peluang di MotoGP Ceko

Sejak naik kelas ke MotoGP, belum sekalipun Pedrosa meraih gelar juara dunia.

Liputan6.com, Brno - Tak banyak pihak yang menyebut Dani Pedrosa sebagai salah satu calon juara dunia MotoGP 2017. Namun, jika melihat peta persaingan di klasemen, masih ada peluang bagi pembalap Repsol Honda itu untuk terus bersaing.

Sejatinya, rapor Pedrosa sepanjang paruh pertama MotoGP 2017 tak begitu buruk. Bahkan, di antara Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi, koleksi podium Pedrosa justru jauh lebih banyak.

Tercatat, sudah lima kali pembalap asal Spanyol itu naik podium di musim ini, salah satunya adalah podium juara. Momen podium didapat di Austin, Spanyol, Prancis, Catalunya, dan Jerman. Sayang, sudah dua kali pula Pedrosa harus mengakhiri balapan tanpa meraih poin.

Catatan minor itu yang membuat Pedrosa hanya mampu menempati posisi kelima klasemen MotoGP. Namun, bukan berarti ia sudah layak dicoret dari persaingan gelar. Setidaknya, koleksi 103 poin Pedrosa masih terpaut 26 poin dari Marc Marquez yang menempati posisi teratas.

Kini, Pedrosa memiliki kesempatan untuk memangkas jarak dengan para rival di klasemen MotoGP. Itu karena ia akan memulai balapan MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017), dari posisi ketiga, tepat di belakang Marquez dan Rossi.



"Saya bahagia secara keseluruhan, terutama untuk kualifikasi. Biasanya lebih ketat, tapi kami bisa melakukan empat putaran bagus dan ini adalah perasaan positif. Lintasannya agak aneh, mungkin terlalu panas dan kita bisa melihat beberapa tabrakan," kata Pedrosa, dilansir Crash.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Fokus

Meski begitu, Pedrosa sendiri masih bingung soal strategi ban yang bakal digunakan saat balapan. Pasalnya, cuaca di Brno terbilang sulit diprediksi. Namun, pembalap berusia 31 tahun itu mengaku akan siap dalam semua kondisi.

"Mulai sekarang setiap balapan sangat penting. Jeda sangat bagus, kami banyak bekerja dan sekarang kami siap untuk balapan. Kami harus fokus karena kami bisa melihat banyak pembalap cukup kompetitif pada latihan bebas pertama di lintasan basah. Jadi kami harus fokus dan mengambil peluang saat mereka datang," tegas Pedrosa.

Brno sendiri menjadi tempat yang cukup istimewa bagi Pedrosa. Ia sempat meraih lima podium dari enam balapan pada 2009-2014. Namun, pada dua musim terakhir, ia hanya bisa finis di tempat kelima dan ke-12.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.