Sukses

MotoGP: Kepuasan Rossi Taklukkan 2 Pembalap Debutan

Rossi berpeluang besar finis di depan Zarco dan Folger pada MotoGP Ceko.

Liputan6.com, Brno - Kualifikasi MotoGP Republik Ceko 2017 di Sirkuit Brno, Sabtu (5/8/2017), adalah hasil yang memuaskan bagi Valentino Rossi. Kepuasannya pun bertambah setelah ia mengalahkan dua pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco dan Jonas Folger.

Sepanjang paruh pertama MotoGP 2017, aksi Zarco dan Folger mengejutkan banyak pihak. Meski sama-sama berstatus debutan, mereka langsung mampu membuat para pembalap top kerepotan lewat kecepatannya.

Zarco memiliki aksi yang sedikit lebih baik. Selain di Qatar, Belanda dan Jerman, pembalap asal Prancis itu mengukir catatan bagus di lintasan. Dalam enam balapan beruntun, ia lima kali finis di lima besar, bahkan salah satunya adalah podium kedua MotoGP Prancis.

Folger juga tak kalah mengesankan. Pria berusia 23 tahun itu sempat menjadi satu-satunya pembalap yang tak pernah gagal finis dalam tujuh balapan awal. Sayang, tren positifnya sempat terhenti ketika gagal finis di MotoGP Belanda.

Namun, momen itu justru menjadi titik balik bagi Folger di paruh pertama MotoGP 2017. Pembalap asal Jerman itu mengamankan podium kedua MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, bahkan nyaris merebut podium juara.



"Ini adalah mimpi buruk bagi kami selama musim ini karena Folger dan Zarco sangat kuat dengan motor lama dalam segala kondisi. Kali ini kami di depan dan kami punya keunggulan bagus, jadi kami bahagia," kata Rossi, pembalap Movistar Yamaha, dikutip Crash.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pujian Rossi

Selama paruh pertama, terjadi perdebatan di internal Yamaha mengenai mesin yang lebih baik. Ada yang menyebut mesin 2016 memiliki kinerja lebih baik, tapi tak sedikit yang yakin bahwa mesin 2017 jauh lebih sempurna.



"Saya pikir motor lama bekerja dengan baik, tapi juga karena pembalap baru seperti Zarco dan Folger yang datang dari Moto2 sangat kuat dan mereka sulit dikalahkan. Tapi kami akan mencobanya. Terpenting adalah berjuang finis di depan saat balapan," Rossi menegaskan.

Pada kualifikasi MotoGP Ceko, Rossi mendapatkan hasil lebih baik dari Zarco dan Folger. Pembalap berusia 38 tahun itu akan memulai balapan dari posisi kedua. Sedangkan Zarco dari urutan ke-10 dan Folger dari posisi ke-14.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.