Sukses

MotoGP: Rossi dan Marquez Sindir Senjata Anyar Lorenzo

Fairing baru Ducati dinilai bisa menciptakan ancaman pada MotoGP Ceko 2017.

Liputan6.com, Brno - Jorge Lorenzo dipastikan menggunakan fairing baru sebagai senjata andalan pada MotoGP Republik Ceko 2017 di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017). Dari hasil latihan bebas hingga kualifikasi, fairing itu terbukti cukup berguna.

Menyusul larangan penggunaan winglet (sayap) di MotoGP 2017, Ducati mencoba mengakali dengan program pembuatan fairing baru. Pabrikan Italia itu sengaja memodifikasi fairing baru dengan memanfaatkan downforce (efek gaya tekan ke bawah) pada Desmosedici GP17.

Menurut Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha perangkat fairing baru Ducati cukup aneh. Pasalnya, hal itu tetap menimbulkan ancaman bahaya buat pembalap, sama dengan alasan mengapa sayap dilarang.

"Saya pikir pada akhir tahun lalu, dari apa yang saya pahami, alasan utama (larangan sayap) adalah karena sedikit berbahaya. Saya tak tahu apakah ini benar atau tidak, tapi saya pikir peraturannya tak berjalan," kata Rossi, dilansir Crash.

"Sekarang kami dalam situasi yang sayap mirip dengan fairing baru Ducati. Tapi bagi saya secara pribadi, saya pikir itu tidak terlalu berbahaya," The Doctor menambahkan.



Jika melihat pada sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Ceko, fairing itu mampu memberikan perubahan positif. Buktinya, hanya pada latihan bebas kedua dan ketiga X-Fuera mendapat hasil mengecewakan. Sisanya, rapornya cukup positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Marquez

Puncaknya adalah ketika Lorenzo mampu mengamankan baris kedua posisi start pada kualifikasi. Ia pun akan memulai balapan hari ini dari urutan keenam, tempat di mana Lorenzo bisa berjuang untuk mengamankan podium MotoGP Ceko.

"Saya merasa lebih berbahaya pada tahun lalu, dengan sayap besar. Tapi fairing baru Ducati tetap sedikit aneh jika terjadi kecelakaan, bukan untuk pembalap lain, tapi mungkin pembalapnya sendiri. Lengan atau sesuatu bisa saja masuk, saya tidak tahu," timpal Marc Marquez, pembalap Repsol Honda.

"Namun, balap motor akan selalu berbahaya. Jika masih dalam aturan, bagi saya tidak masalah," jelas Marquez yang akan memulai balapan MotoGP Ceko dari posisi terdepan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.