Sukses

Marquez Sempat Panas Dingin di MotoGP Ceko

Marc Marquez, keluar sebagai pemenang MotoGP Ceko, Minggu (6/8/2017).

Liputan6.com, Brno - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, keluar sebagai pemenang MotoGP Ceko, Minggu (6/8/2017). Dia menyelesaikan balapan dalam waktu 44 menit 15,974 detik.

Balapan di Sirkuit Brno dinyatakan dalam status wet race, meski cuacanya cerah. Para pembalap pun diwajibkan memakai ban basah saat awal balapan MotoGP Ceko.

Marquez pun memilih ban lunak untuk bagian belakang. Taktik ini rupanya sempat membuat dia panas dingin.

"Kami membuat strategi yang sempurna, tapi ban belakangnya sedikit meragukan. Saya menggunakan ban lunak, karena saya melihat lintasannya," ujar pembalap asal Spanyol tersebut, dikutip dari GP Update.

"Jadi, saya pikir ban lunak ini bisa memberikan dorongan ekstra untuk empat atau lima putaran. Tapi, faktanya malah berbanding terbalik, bannya lebih cepat panas. Saya hampir terjatuh tiga atau empat kali," ucap Marquez menambahkan.



Masalah tersebut membuat juara bertahan MotoGP itu memilih lebih awal masuk pit untuk mengganti motornya. Keberaniannya menjadi yang pertama masuk pit berbuah manis hingga akhir balapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hampir Jatuh

"Saya masuk pit saat lintasan masih sangat basah. Tapi saya pikir: 'Oke kita coba'. Tapi, saya mempunyai kecepatan yang bagus," katanya.

Di saat pembalap lain mengganti motor, Marquez melaju sendirian di barisan terdepan. Bahkan, dia sempat unggul 20 detik dari rekan setimnya yang finis di posisi kedua, Dani Pedrosa.

"Ketika melihat papan pit saya unggul 20 detik, ini saatnya saya mengatur balapan. Saya memilih mengatur irama kecepatan dan tidak menekan ban. Saya sangat senang," ucapnya mengakhiri.

Kemenangan di MotoGP Ceko, Marquez semakin kokoh di puncak klasemen. Dia sudah mengumpulkan 154 poin, unggul empat angka dari Vinales.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.