Sukses

Kunci Keberhasilan Marquez Kalahkan Rossi di MotoGP Ceko

Marquez tampil dominan di MotoGP Ceko. Dia membuat keputusan jitu di awal balapan.

Liputan6.com, Brno- Marc Marquez mengukuhkan namanya sebagai pemenang balapan seri 10 MotoGP 2017 di Grand Prix Republik Ceko, Minggu (6/8/2017). Kunci keberhasilan pembalap Honda adalah dia mampu menganalisis keadaan dengan baik.

Sirkus MotoGP sempat dibuat pusing dengan kondisi cuaca di Sirkuit Brno. Pada sesi pemanasan, Marquez dkk terpaksa menguji set up dalam kondisi trek basah. 

Inilah yang mengganggu konsentrasi pembalap mengingat persoalan pemilihan ban terkadang memainkan peran penting pada balapan yang memiliki kondisi cuaca tidak jelas seperti ini. Tapi kehebatan Marquez dalam membaca keadaan cuaca mendapat apresiasi dari bos Honda, Livio Suppo.

Ia menerangkan bahwa apa yang dilakukan oleh pembalapnya tersebut merupakan hal yang luar biasa. Menurutnya, Marquez bisa dikatakan pembalap yang cerdik dan mampu memanfaatkan kebingungan pembalap tentang perubahan ban. Alhasil, dia memilih masuk pit stop lebih dulu untuk mengubah motor.

"Dalam kondisi ini, Marc luar biasa. Kami tahu dalam kondisi ini bahwa dia sangat kuat. Jadi dia biasanya membuat keputusan yang tepat," puji Suppo seperti diberitakan Motorsport, Senin (7/8/2017).

Kemenangan di Ceko membuat Marquez kokoh di klasemen MotoGP 2017. Dia mengoleksi 154 angka, unggul 14 nilai atas pesaing terdekat di klasemen MotoGP, Maverick Vinales.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.