Sukses

Selain Neymar, Ini 7 Klausul Transfer Tertinggi

Liputan6.com, Jakarta - Paris Saint-Germain (PSG) memecahkan rekor dunia dengan mengaktifkan klausul transfer Neymar pada kontraknya di Barcelona. PSG mengeluarkan 222 juta euro, sekitar Rp 3,5 triliun, untuk mendatangkan pemain asal Brasil tersebut.

Manuver tersebut menjadikan Neymar pemain termahal sepanjang masa.

Neymar menyalip Paul Pogba yang berharga 105 juta euro ketika Manchester United memboyongnya dari Juventus setahun sebelumnya.

Dengan nilai begitu tinggi, patut ditunggu sampai kapan rekor Neymar bertahan. Pasalnya, ada beberapa pemain yang memiliki klausul lebih tinggi.

Berikut tujuh klausul transfer pemain yang akan mengalahkan transfer Neymar. Beberapa nama di antaranya cukup mengejutkan. Siapa saja mereka?

1 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo. (AFP/Glyn Kirk)

Real Madrid memasukkan angka satu miliar euro dalam kontrak Ronaldo yang ditandatangani pada 2016 dan berlaku hingga 2021. Tujuannya jelas. Mereka ingin mengusir para peminat pemain asal Portugal tersebut.

Tidak akan ada klub yang mau menyetor uang sebesar itu. Real Madrid dalam posisi sangat kuat untuk mempertahankan asetnya.

Satu-satunya cara bagi peminat adalah meyakinkan Ronaldo untuk memprakarsai kepindahannya sendiri. Mantan penggawa Manchester United itu disinyalir melakukannya awal musim panas ini setelah terjerat kasus pajak. Namun, Ronaldo kemudian membatalkan niat dan memutuskan bertahan di Estadio Santiago Bernabeu.

2 dari 5 halaman

Karim Benzema

Sky Sports melaporkan, Benzema memiliki klausul transfer sama seperti Ronaldo. Angka satu miliar euro tercantum pada kontrak yang ditandatangani tahun 2014 dan aktif hingga 2019.

Keberadaan Benzema cukup mengejutkan. Tapi, keberadaannya menunjukkan posisinya di Los Blancos.

Karim Benzema. (AFP/Javier Soriano)

Benzema dikabarkan merupakan pemain kesayangan presiden Florentino Perez. Posisinya aman meski klub merekrut pemain baru. Termasuk ketika Real Madrid dikabarkan menginginkan Kylian Mbappe.

Bukan Benzema yang diberitakan menjadi korban, melainkan Gareth Bale.

3 dari 5 halaman

Gareth Bale

Real Madrid mencantumkan angka 500 juta euro saat Bale memperpanjang ikatan kerja pada 2016, dalam kontrak yang berlaku hingga 2022.

Gareth Bale. (AFP/Gonzalo Arroyo)

Los Blancos ingin mempertahankan selama mungkin sosok yang dianggap sebagai suksesor Ronaldo ini.

Namun, Bale tidak sendirian. Real Madrid juga memasukkan klausul 500 juta euro bagi dua pemain lain, yakni Luka Modric dan James Rodriguez.

4 dari 5 halaman

Lionel Messi

Lionel Messi. (AFP/Josep Lago)

Nilai klausul transfer Messi lebih realistis ketimbang para bintang Real Madrid. Pemain asal Argentina ini 'bisa' dibeli dengan 300 juta euro. Angka tersebut ada dalam kontrak yang ditekennya bulan lalu dan berlaku sampai 2021.

Melihat sepak terjang Messi, besaran klausul itu cukup rendah. Nilai ini dapat menggoda klub kaya Eropa untuk bertindak. Apalagi setelah melihat aksi PSG kala merekrut Neymar.

Selain Messi, ada pula satu pemain dengan klausul 300 juta euro, yakni gelandang Real Madrid Toni Kroos.

 

Artikel Selanjutnya
3 Klub yang Untung Besar pada Bursa Transfer Musim Panas
Artikel Selanjutnya
Messi Akhiri Masa Bakti di Barcelona?