Sukses

7 Fakta Piala Super Eropa: Kutukan MU dan Lumbung Gol Ronaldo

Liputan6.com, Skopje - Piala Super Eropa 2017 bakal berlangsung di Nacionalna Arena Filip, Skopje, Selasa (8/8/2017) atau Rabu dini hari WIB. Juara Liga Champions, Real Madrid menantang pemenang Liga Europa, Manchester United (MU).

Ini adalah kesempatan MU untuk memutus dominasi tim asal Spanyol dalam tiga tahun terakhir. Real Madrid sudah dua kali menjuarai Piala Super Eropa dalam tiga tahun terakhir, sedangkan sisanya menjadi milik Barcelona.

Setan Merah --julukan MU-- sudah lama tidak memenangkan Piala Super Eropa atau lebih tepatnya 26 tahun. Ketika itu MU menang 1-0 atas Red Star Belgrade pada 1991.

MU bisa tampil di Piala Super Eropa 1991 setelah memenangkan Piala Winners 1990/91. Kemenangan Setan Merah sangat manis karena bertanding di kandang sendiri, Old Trafford.

Sebenarnya, pertandingan Piala Super Eropa 1991 itu berlangsung home and away. Namun, UEFA memutuskan untuk menggelar laganya di Old Traffod saja, karena Yugoslavia sedang terjadi kerusuhan politik.

Jelang duel Real Madrid kontra MU di Macedonia, dini hari nanti, ada beberapa fakta menarik yang pantas dilirik. Simak di halaman selanjutnya.

1 dari 4 halaman

Fakta Menarik MU Vs Real Madrid

1. MU Alergi dengan Nama Ronaldo

MU sangat 'alergi' dengan pemain Real Madrid yang memiliki nama Ronaldo. Lima dari enam gol Real Madrid ke gawang MU dicetak atas nama pemain yang bernama Ronaldo.

Rinciannya, Cristiano Ronaldo mencetak dua gol, sedangkan tiga gol lainnya dicetak striker legendaris Brasil, Ronaldo.

2. Jumlah Duel Real Madrid Vs MU

Setan Merah dan Real Madrid tercatat sudah 10 kali bertanding sepanjang sejarahnya. Los Blancos tercatat meraih empat kemenangan, sedangkan MU mengantongi dua kemenangan. Sisanya yang berjumlah dua laga berakhir imbang.

2 dari 4 halaman

Ronaldo Mesin Gol

3. Ronaldo Rajin Cetak Gol

Cristiano Ronaldo selalu bisa diandalkan Real Madrid. Pemain berusia 32 tahun itu mencetak dua gol saat Los Blancos menang 2-0 atas Sevilla di Piala Super Eropa 2014.

4.  Laga Keenam Real Madrid

Pertandingan di Skopje merupakan penampilan keenam Los Blancos di Piala Super Eropa. Real Madrid tercatat sudah tiga kali memenangkannya, yakni 2002, 2014, dan 2016.

3 dari 4 halaman

MU Tak Pernah Menang

5. Kutukan MU

Sejak Piala Winners ditiadakan, MU tak pernah memenangkan Piala Super Eropa, meski sudah dua kali mendapat kesempatan. Pada 1999, MU kalah 0-1 dari klub asal Italia, Lazio.

Kutukan MU pun berlanjut pada 2008. Tampil sebagai juara Liga Champions, MU menelan kekalahan 1-2 dari tim Rusia, Zenit.'

6. Mourinho Apes

Manajer MU, Jose Mourinho selalu apes bila menghadapi Real Madrid di pertandingan kompetitif. Mourinho menelan tiga kekalahan dari empat pertandingan. Semua pertandingan itu terjadi saat dirinya masih menakhodai Porto.

7. Zidane Incar Gelar Keempat

Sepanjang kariernya, Zinedine Zidane sudah memenangkan tiga gelar Piala Super Eropa, dua di antaranya saat masih menjadi pemain (Juventus pada 1996 dan Real Madrid di tahun 2002). Musim lalu, dia memenangkan Piala Super Eropa sebagai pelatih Real Madrid.

Artikel Selanjutnya
Trofi Juara Ramos Vs Ronaldo, Siapa yang Lebih Unggul?
Artikel Selanjutnya
Cuplikan Video Gol Mustahil Ronaldo