Sukses

Menebak Calon Top Skorer Liga Inggris

Ada beberapa bomber yang punya naluri gol cukup tinggi di Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia, Liga Inggris akan dimulai akhir pekan ini. Klub-klub papan atas akan mengandalkan mesin-mesin gol mereka demi mengejar target juara.

Ada beberapa bomber yang punya naluri gol cukup tinggi di Liga Inggris. Mereka akan bersaing untuk membantu timnya juara, sekaligus meraih gelar top skorer.

Dalam dua musim terakhir, gelar top skorer jatuh ke tangan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane. Pada musim 2015–16, Kane melesakkan 25 gol di Liga Inggris, sementara di musim berikutnya, ia mencetak 29 gol.

Untuk rekor gol terbanyak, hingga kini masih dipegang Andy Cole (Newcastle United / 1993–94) dan Alan Shearer (Blackburn Rovers / 1994–95). Keduanya sama-sama mencetak 34 gol dalam semusim.



Lalu bagaimana musim ini? Siapa saja yang berpeluang meraih gelar top skorer? Berikut 5 calon terkuat:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Harry Kane (Tottenham Hotspur)


Karier Kane melesat sejak 2014-15. Pada musim itu, ia mencetak 21 gol di Liga Inggris, dilanjutkan 25 gol pada musim berikutnya. Puncaknya musim lalu, ketika striker timnas Inggris itu sukses melesakkan 29 gol dalam 30 pertandingan Liga Inggris.

Untuk musim ini, Kane masih jadi andalan Tottenham. Dengan dukungan para pemain seperti Dele Alli, Christian Eriksen, Erik Lamela, Son Heung-min dan Mousa Dembele yang rajin membuat assist, bukan tak mungkin Kane akan mencatat hattrick top skorer Liga Inggris.

3 dari 7 halaman

Romelu Lukaku (Manchester United)


Lukaku sebenarnya nyaris jadi top skorer Liga Inggris musim lalu. Namun, catatan golnya dibalap Kane di beberapa laga terakhir. Pada akhirnya, Lukaku hanya menjadi runner up top skorer dengan koleksi 25 gol.

Musim depan, Lukaku akan mendapatkan servis yang lebih baik. Sebab, MU punya kualitas gelandang yang lebih mumpuni ketimbang Everton. Bukan tak mungkin gelar Kane akan melayang ke tangan Lukaku.

4 dari 7 halaman

Sergio Aguero (Manchester City)


Aguero adalah bomber yang berpengalaman di Liga Inggris. Selama enam musim bermain di sana, Aguero melesakkan 122 gol dalam 181 pertandingan. Pemain asal Argentina itu juga pernah menjadi top skorer pada musim 2014–15 dengan 26 gol.

Masalahnya, Aguero belum pasti jadi striker utama City musim depan. Sebab, ia harus bersaing dengan pemain kesayangan Manajer Pep Guardiola, Gabriel Jesus.

5 dari 7 halaman

Alvaro Morata (Chelsea)


Morata tampil cukup baik bersama Real Madrid musim lalu. Ia melesakkan 20 gol dan mengantar Los Blancos juara Liga Champions dan La Liga. Chelsea pun kemudian mendatangkannya untuk menggantikan Diego Costa.

Masalahnya, Morata belum berpengalaman di Liga Inggris yang cukup keras. Ia pasti butuh waktu untuk mengerti kemauan dan sistem Manajer Antonio Conte.

6 dari 7 halaman

Alexandre Lacazette (Arsenal)


Arsenal membeli Lacazette untuk menjadi solusi lini depan yang tumpul. Musim lalu, The Gunners hanya bisa mengandalkan Alexis Sanchez, sementara Oliver Giroud dan Danny Welbeck penampilannya angin-anginan.

Sama seperti Morata, Lacazette juga belum teruji di Liga Inggris. Akan tetapi, ada secercah titik terang, di mana pemain asal Prancis itu bisa langsung menyatu dengan permainan The Gunners. Buktinya, ia menyumbangkan dua gol selama pramusim.

7 dari 7 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.