Sukses

Juara Piala Super Eropa, Real Madrid Masih Sekelas di Atas MU

Liputan6.com, Skopje - Real Madrid menaklukkan Manchester United (MU) 2-1 pada Piala Super Eropa 2017 di Philip II Arena, Skopje, Rabu (9/8/2017) dini hari WIB.

Casemiro dan Isco Alarcon mencetak gol bagi Los Blancos. Sedangkan Romelu Lukaku menciptakan gol MU

Ini adalah kali keempat Real Madrid menjuarai Piala Super Eropa menyusul kesuksesan 2002, 2014, dan 2016.

Kemenangan Los Blancos juga memperpanjang supremasi juara Liga Champions atas pemenang Liga Europa. Terakhir kali penguasa Liga Europa menjuarai Piala Super Eropa terjadi pada 2012, ketika Atletico Madrid membungkam Chelsea.

Capaian itu juga memperkaya rapor Zinedine Zidane. Sejak menggantikan Rafael Benitez, Januari 2016, sosok berkebangsaan Prancis itu memenangkan La Liga, Liga Champions (2), Piala Super Eropa (2), dan Piala Dunia Antarklub. 

Di sisi lain, kekalahan ini membuat MU gagal memenangkan Piala Super Eropa pada tiga kesempatan terakhir. The Red Devils sebelumnya kalah pada edisi 1999 dan 2008. Satu-satunya kesuksesan dicatat pada 1991.

1 dari 4 halaman

Babak Pertama

Mengandalkan tim mapan, Real Madrid tanpa kesulitan menguasai pertandingan begitu wasit Gianluca Rocchi meniup peluit. Di menit kedua, Gareth Bale sudah mendapat kesempatan. Namun sepakannya melenceng.

Pada menit ke-16, Los Blancos kembali mengancam dengan tandukan Casemiro. Sayang, menyambut sepak pojok Toni Kroos, usaha gelandang asal Brasil itu masih membentur mistar gawang.

Tidak terima ditekan, MU kemudian langsung melancarkan serangan balik. Namun, tendangan Paul Pogba diblok bek Los Blancos.

Tekanan Real Madrid akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-24. Bek kanan Dani Carvajal melepas umpan silang ke area berbahaya. Berbau offside, Casemiro melepas tendangan langsung tanpa bisa dihentikan David de Gea.

Gelandang Real Madrid, Casemiro, rayakan gol ke gawang Manchester United (MU) pada laga Piala Super Eropa 2017 di Philip II Arena, Rabu (9/8/2017) dini hari WIB. (AFP/Nikolay Doychinov)

Dalam keadaan memimpin, Sergio Ramos dan kawan-kawan makin mendikte pertandingan dengan MU sulit keluar dari tekanan. The Red Devils tidak bisa menciptakan peluang bersih.

MU sempat menguasai laga selepas water break. Namun, mereka akan tertinggal dua gol jika saja De Gea tidak mementahkan tendangan Karim Benzema pada menit ke-43.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Cerita sama masih terjadi di babak kedua. Pelatih MU, Jose Mourinho, coba mengubah keadaan dengan memasukkan Marcus Rashford menggantikan Jesse Lingard.

Namun, Real Madrid sudah mengancam di menit ke-47 ketika tendangan Toni Kroos dimentahkan De Gea. Tidak lama berselang, giliran bek kiri Marcelo Vieira yang hampir memperbesar keunggulan Los Blancos.

Real Madrid akhirnya memastikan dominasi pada menit ke-52. Isco mengelabui De Gea usai kerja sama dengan Bale.

MU akhirnya dapat peluang emas beberapa saat berselang. Tandukan Paul Pogba masih bisa dimentahkan kiper Keylor Navas. Namun, bola muntah tidak bisa dimaksimalkan Romelu Lukaku.

Setelah itu, Real Madrid kembali perlihatkan supremasinya. Tendangan kaki kanan Bale menggetarkan mistar De Gea. Sedangkan  Benzema upaya Benzema dapat dihentikan Lindelof.

Striker Romelu Lukaku (tengah) mencetak gol di laga resmi pertama bersama Manchester United (MU). Lukaku merobek gawang Real Madrid pada Piala Super Eropa 2017 di Philip II Arena, Skopje, Rabu (9/8/2017) dini hari WIB. (AFP/Nikolay Doychinov)

Pendukung MU akhirnya bersorak di menit ke-62 setelah dua pemain anyar memainkan peran. Usaha Nemanja Matic gagal diantisipasi sempurna Navas. Kali ini Lukaku tidak mengulang kesalahan dan mencatatkan nama di papan skor. 

Berada di atas angin, The Red Devils memiliki sejumlah momen untuk menyamakan kedudukan. Tandukan Marouane Fellaini, yang masuk menggantikan Ander Herrera, masih melambung di menit ke-76.

Sekitar lima menit berselang, Rashford gagal memaksimalkan peluang meski tinggal berhadapan dengan Navas. Skor kemudian tidak berubah meski kedua tim memiliki kesempatan pada injury time.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas, Carvajal, Ramos, Varane, Marcelo, Casemiro, Kroos, Modric, Isco (Vazquez 74), Bale (Asensio 74), Benzema (Ronaldo 83)

MU: De Gea; Valencia, Lindelof, Smalling, Darmian; Matic, Herrera (Fellaini 56), Pogba; Mkhitaryan, Lingard (Rashford 46), Lukaku

 

Artikel Selanjutnya
Trofi Juara Ramos Vs Ronaldo, Siapa yang Lebih Unggul?
Artikel Selanjutnya
Ibrahimovic dan Pemain Top yang Gagal Juara Liga Champions