Sukses

3 Penyerang Asing Penguasa Top Scorer Liga 1

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ke-18 Liga 1 2017 baru saja ditutup dengan duel antara Persipura Jayapura dan Bali United di Stadion Mandala, Jayapura, Rabu (9/8/2017). Usai laga itu, peta persaingan di daftar top scorer pun sedikit berubah.

Duel laga pekan ke-18 Liga 1 itu sendiri dihiasi dengan terciptanya empat gol. Persipura tampil sebagai pemenang dengan skor 3-1. Berkat kemenangan itu, tim besutan Wanderley Junior tersebut pun kembali melesat ke urutan kedua klasemen.

Namun, bukan hanya kemenangan Persipura yang menarik untuk dibahas. Aksi impresif Addison Alves dan Sylvano Comvalius juga menarik dicermati. Addison mengemas tiga gol kemenangan Persipura dan satu gol dicetak Comvalius untuk Bali United.

Dua pemain itu pun kini bersaing dalam daftar top scorer Liga 1. Uniknya, tiga besar daftar top scorer dikuasai penyerang asing. Berikut adalah daftarnya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

1 dari 4 halaman

1. Sylvano Comvalius (14 gol)

Tak percuma Bali United merekrut Comvalius untuk Liga 1 2017. Serdadu Tridatu menjadikan Comvalius sebagai pemain asing mereka. Sekadar informasi, ia adalah mantan penghuni akademi Ajax Amsterdam.

Penyerang Bali United, Sylvano Comvalius. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Selain akademi Ajax, ia juga sudah malang melintang di beberapa liga Eropa. Pada 2014-2015, ia sempat bermain di Dynamo Dresden, klub kasta kedua Liga Jerman. Sebelum ke Bali United, ia berkostum Stal Kamianske, klub asal Ukraina.

Bali United pun kini bisa menikmati servis terbaik pemain berusia 29 tahun itu. Total sudah 14 gol yang dilesakkan Comvalius. Uniknya, gol pertama Comvalius juga didapat saat melawan Persipura, yakni saat Bali United takluk 1-2 pada pekan kedua Liga 1.

2 dari 4 halaman

2. Peter Odemwingie (13 gol)

Meski jumlah golnya kini kalah dari Comvalius, Odemwingie disebut-sebut sebagai Marquee Player terbaik Liga 1. Ia memiliki andil besar di balik kesuksesan Madura United melesat ke papan atas klasemen Liga 1 hingga pekan ke-18.

Striker Madura United, Peter Osaze Odemwingie (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Soal pengalaman, tak perlu ada yang meragukan Odemwingie. Sudah banyak klub besar yang sempat menikmati servisnya. Sebelum Madura United, ia sempat memperkuat West Bromwich Albion, Lille, Lokomotiv Moscow, Cardiff City, Stoke City, dan Rotherham United.

Hingga kini, sudah 13 gol yang disumbang pemain asal Uzbekistan itu dari 17 laga. Padahal, awalnya kiprah Odemwingie sempat diragukan mengingat usianya yang sudah 35 tahun saat direkrut Madura United.

3 dari 4 halaman

3. Addison Alves

Hattrick-nya ke gawang Bali United membawa Addison bersaing dalam perebutan gelar top scorer Liga 1. Dari 17 kali dimainkan, penyerang berusia 36 tahun itu sudah mengoleksi 11 gol, sama dengan koleksi Alberto Goncalves, penyerang Sriwijaya.

Addison Alves, penyerang Persipura Jayapura. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sebelum direkrut Persipura, Addison bermain untuk klub Thailand, Osotspa Samut Prakan. Namun, ini bukan kali pertama Addison bermain di Indonesia. Sebelumnya ia juga sempat berkostum Persela Lamongan dan PSIS Semarang.

Dengan kehadiran Addison sebagai penyerang tengah, Persipura pun memiliki trisula yang cukup menakutkan bersama Boaz Solossa dan Yohanes Ferinando Pahabol. Berkat kehadirannya pula, Persipura kini tak lagi bergantung pada ketajaman Boaz.

Artikel Selanjutnya
4 Pemain Terbaik Belgia di Liga Inggris
Artikel Selanjutnya
3 Bintang Serie A Calon Pemain Terbaik FIFA 2017