Sukses

Sacchi: Ronaldo Hebat Berkat Kerja Keras

Liputan6.com, Madrid - Tak akan ada yang membantah jika menyebut Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Mantan pelatih AC Milan, Arrigo Sacchi pun mengakui hal itu. Tapi, ia menyebut kehebatan Ronaldo bukan dari bakat alami.

Sudah lebih dari satu dekade Ronaldo membuktikan kehebatannya sebagai pesepak bola. Namanya mulai menjulang saat Alex Ferguson membawanya ke Manchester United (MU) pada musim panas 2003 dari Sporting Lisbon.

Sacchi yang juga mantan Direktur Sepak Bola Real Madrid pun membandingkan Ronaldo dengan Ronaldo da Lima. Keduanya disebut-sebut sebagai pemain hebat. Tapi, Ronaldo da Lima mendapatkan kehebatannya dari bakat.

"Saya pernah bertemu Carlo Ancelotti saat berada di Real. Dan tahukah Anda siapa yang bekerja di sana satu setengah jam sebelum latihan? Cristiano Ronaldo. Ronaldo yang lain, orang Brasil, memiliki kualitas lebih. Tapi ia tak bertahan lama karena mencari keistimewaan, ia tidak banyak berlari," kata Sacchi kepada Corriere dello Sport.

"Cristiano Ronaldo adalah profesional teladan, psikologi kognitif mengajarkan kepada kita bahwa Anda tidak terlahir dengan bakat. Itu adalah sesuatu yang Anda harus kerjakan setiap hari. Begitulah dia. Ia mengangkat Real, Real membangkitkannya," ia menambahkan.



Jika ditotal dari kiprahnya bersama MU dan Real Madrid, pemain asal Portugal sudah mengemas 524 gol dan 186 assist dari 686 pertandingan. Soal gelar, ia sudah menikmati tiga Liga Inggris, dua Liga Spanyol, hingga empat Liga Champions.

Tak heran jika Ronaldo juga sudah empat kali diberikan penghargaan Ballon d'Or. Selain Lionel Messi, banyak yang meyakini tak ada satu pun pemain yang menyamai level kualitas Ronaldo saat ini.

Artikel Selanjutnya
Buffon Ungkap Striker Paling Mengerikan di Dunia
Artikel Selanjutnya
Adriano Terharu Dapat Pujian dari Ibrahimovic