Sukses

Liga 1: Wasit Australia Pimpin Derbi Sumatera

Liputan6.com, Palembang - Duel sengit Sriwijaya FC kontra Semen Padang di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Jum'at (11/8/2017) akan dipimpin wasit asing. Keputusan itu dianggap kedua belah pihak cukup relevan mengingat gengsi derbi andalas yang tinggi dan berpotensi berjalan panas.

Adapun wasit asing tersebut yakni Shaun Robert Evans yang bertugas sebagai wasit utama dibantu rekannya Wilson Kenneth Brown dan George Lakrindis sebagai hakim garis. Hal ini bukanlah pertama kalinya bagi pengadil asal Australia itu.

Sebelumnya, Shaun Robert dan kolega sudah bertugas saat laga Persib Bandung melawan PS TNI beberapa waktu lalu. Pelatih Sriwijaya FC Hartono Ruslan menyambut baik hal ini. Dirinya berharap pertandingan malam nanti lebih berkualitas dan dapat pembelajaran berharga bagi pelaku sepak bola nasional.

"Saya kira sebuah hal yang baik bila laga dipimpin oleh wasit asing apalagi pertandingan yang memang krusial," ujarnya.



Kendati demikian pelatih asal Solo itu tetap mengingatkan kepada anak asuhnya untuk tidak mengambil langkah konyol dalam mengkritisi keputusan wasit di lapangan. Dia mengingatkan anak asuhnya untuk mampu mengontrol emosi saat pertandingan berlangsung.

"Pemain Sriwijaya FC juga harus berhati-hati karena karakter wasit luar berbeda dengan Indonesia. Jangan banyak protes dan saya akan wanti-wanti pemain saya untuk menunjukkan respek kepada mereka. Selama ini, (respek) tidak hanya kepada wasit asing saja karena menurut saya banyak wasit kita yang tidak kalah kualitasnya," ucap Hartono. *

[Indra Pratesta]

Artikel Selanjutnya
Hasil Lengkap Piala AFF U-18 2017: Timnas U-19 Menang Dramatis
Artikel Selanjutnya
Cari Wasit Asing, PSSI Jajaki Beberapa Negara