Sukses

Termasuk MU, Ini 6 Kandidat Juara Liga Inggris 2017/18

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris segera dimulai pada Sabtu (12/8/2017) dini hari WIB nanti. Arsenal bakal menjamu Leicester City di Stadion Emirates yang bakal jadi pembuka perhelatan Liga Inggris musim ini.

Seperti musim-musim sebelumnya, siapa yang bakal menjadi juara Liga Inggris membuat penasaran. Maklum, inilah kompetisi paling ketat di dunia.

Pada musim 2015/16, tak ada yang menyangka Leicester City bakal menyeruak menjadi juara Liga Inggris. Padahal, klub yang saat itu dilatih Claudio Ranieri itu tak punya banyak pemain bintang.

Leicester City justru menghasilkan pemain bintang seperti N'Golo Kante yang kini hijrah ke Chelsea, Jamie Vardy dan Riyad Mahrez. Pemain-pemain itu tampil begitu memukau sehingga membuat publik Inggris bahkan dunia tak percaya dengan penampilan mereka.

Musim lalu, Leicester City memang tak bertaji. Bahkan Ranieri harus rela posisinya didepak dan digantikan Craig Shakespeare. Chelsea justru bersinar lewat Antonio Conte yang sebenarnya baru datang di Liga Inggris.

Lalu seperti apa persaingan Liga Inggris musim ini? Siapa saja kandidat terkuat jadi juara Liga Inggris selain MU?



1 dari 7 halaman

6.Tottenham Hotspur

Klub yang dibesut Mauricio Pellegrini ini memang fenomenal. Bermaterikan pemain muda, Hotspur sukses menjadi runner up Liga Inggris musim lalu.

Pellegrini hanya kalah bersaing dengan Chelsea. Selebihnya, Harry Kane Cs mampu melibas lawan-lawan termasuk klub-klub besar seperti Manchester United, Manchester City, Liverpool dan rival sekota Arsenal.

Uniknya, Hotspur tidak aktif di bursa transfer kali ini. Mereka bahkan sudah kehilangan Kyle Walker (City, Nabil Bentaleb (Schalke), Federico Fazio (AS Roma) dan Clinton N'Jie (Marseille).

Memang, Spurs diberitakan gencar mendekati gelandang muda Everton, Ross Barkley. Spurs siap membayar Barkley dengan transfer 25 juta pounds, tapi Everton ngotot inginkan 30 juta pounds.

Dengan skuat yang relatif belum banyak berubah, Spurs pantas dinobatkan jadi juara Liga Inggris musim ini. Kejutan dari skuat muda "The Lilywhites" diharapkan kembali membuat kejutan.

2 dari 7 halaman

5. Liverpool

Liverpool juga pantas diapungkan sebagai salah satu kandidat juara Liga Inggris. Memang, Liverpool sudah lama tidak menjadi juara Liga Inggris.

Meski begitu, Liverpool punya pelatih yang punya kaliber seperti Jurgen Klopp. Di musim ketiganya bersama The Reds, Klopp bakal berusaha untuk datangkan trofi Liga Inggris ke Anfield kembali.

Pada musim 2013/14, Liverpool nyaris menjadi juara tapi tergelincir di pekan-pekan terakhir Liga Inggris. Apakah Liverpool berpeluang jadi juara?

Musim ini, mereka sudah datangkan kekuatan anyar Mohamed Salah dengan transfer 37,8 juta pounds. Liverpool juga sukses memboyong pemain muda Inggris, Dominic Solanke dengan status bebas transfer. Cukupkah pembelian ini?

Pantas ditunggu bagaimana kelanjutan Philippe Coutinho. Sebagai pemain andalan, Liverpool tak boleh kehilangan Coutinho yang diminati Barcelona.

3 dari 7 halaman

4. Arsenal

Arsenal terpuruk musim lalu. The Gunners gagal rebut tiket play off ke Liga Champions setelah hanya merebut posisi kelima klasemen Liga Inggris.

Arsenal pun berbenah. Mereka mendatangkan dua pemain berkualitas yaitu Alexandre Lacazette dan Sead Kolasinac.

Meski begitu, Arsenal juga terancam kehilangan Alexis Sanchez yang hingga kini belum mau perpanjang kontrak. Sanchez ngotot untuk hengkang, meski kabar transfernya hingga kini belum jelas.

Arsenal memulai kompetisi dengan sempurna. Mereka sukses merebut trofi pertama Community Shield setelah menang adu penalti lawan Chelsea. Apakah ini bisa dijadikan modal?

4 dari 7 halaman

3. Manchester City

Sulit untuk tidak memasukkan Manchester City sebagai kandidat juara Liga Inggris. Klub sekota Manchester United (MU) ini sudah jor-joran di bursa transfer musim ini.

City merombak total lini pertahanan. Tak kurang tiga pemain bek sayap diboyong dengan harga yang fantastis. Mereka adalah Benjamin Mendy, Kyle Walker dan Danilo.

Lalu, City juga membeli winger lincah AS Monaco, Bernardo Silva untuk menambah daya gedor musim ini. Selain itu, City juga hadirkan kiper anyar, Ederson dengan transfer 40 juta euro yang sekaligus menjadi kiper termahal di dunia.

Dengan skuat relatif muda, City diharapkan lebih bertenaga dan bersaing untuk memperebutkan gelar juara Liga Inggris. Ini yang dibutuhkan pada kompetisi seketat Liga Inggris yang menguras tenaga.

5 dari 7 halaman

2. Chelsea

Chelsea tentu tak bisa dipandang sebelah mata musim ini. Sebagai juara bertahan, Chelsea pantas untuk dijagokan meski sudah rombak skuat mereka.

Chelsea mendatangkan Alvaro Morata dengan transfer 65 juta euro. Lalu, Chelsea datangkan gelandang bertahan Tiemoue Bakayoko dari AS Monaco dan bek muda Antonio Rudiger dari AS Roma.

Meski begitu, Chelsea sudah menjual Nemanja Matic dan sudah pasti lepas Diego Costa. Dua pilar ini sebenarnya jadi pemain penting bagi Chelsea musim lalu.

Ini bisa mengurangi kegarangan Chelsea di lini depan dan juga di lini pertahanan. Morata belum apa-apa sudah gagal eksekusi penalti di Community Shield lalu. Sedangkan Bakayoko belum bisa diketahui kualitasnya.

6 dari 7 halaman

1. Manchester United

Manchester United (MU) sudah lama tidak merasakan gelar juara Liga Inggris. Sejak ditinggal Sir Alex Ferguson, MU terombang-ambing di Liga Inggris bahkan kancah Eropa.

Nama MU mulai diperhitungkan saat Jose Mourinho masuk sebagai manajer. Berdasarkan tradisi, Mourinho selalu sukses mempersembahkan gelar juara di musim kedua bersama klub yang ditukanginya.

Itu terbukti saat melatih Porto, Inter Milan dan Real Madrid. Tak salah jika bursa taruhan banyak menjagokan MU sebagai juara Liga Inggris musim ini.

Apalagi, MU sudah datangkan striker tajam Romelu Lukaku. Lini pertahanan pun kian solid karena Mourinho memboyong pemain kesayangannya, Nemanja Matic.

Sedangkan Victor Lindelof belum terlihat kemampuannya di lini pertahanan. MU dikabarkan akan memboyong kembali Zlatan Ibrahimovic yang sebenarnya sudah dilepas.

Artikel Selanjutnya
Ferguson Puji Prestasi Mourinho di MU
Artikel Selanjutnya
16 Fakta Menarik Fase Grup Liga Champions