Sukses

5 Pemain Ini Harganya Melonjak Menyusul Transfer Neymar

Liputan6.com, Barcelona - Kepindahan Neymar yang dimahari 222 juta euro seperti merusak harga pasar. Betapa tidak, kini beberapa pemain harganya turut melonjak di bursa transfer.

Logikanya, Neymar yang masih berusia 24 tahun dan belum memenangkan Ballon d'Or sudah bisa memecahkan rekor transfer gila, mengapa tidak dengan pemain berbakat lain? Bayangkan, pemain sekelas Cristiano Ronaldo saja harganya cuma setengahnya lebih dari harga Neymar.

Hal ini jelas memengaruhi harga pasaran pemain. Barcelona yang baru-baru ini mencoba boyong Philippe Coutinho untuk gantikan Neymar sedang pusing.

Tawaran ketiga El Barca sejumlah 90 juta euro ditolak mentah-mentah oleh Liverpool. Bila ditarik sedikit ke lima atau enam tahun belakang, harga itu jelas sudah disambut dengan senang hati klub mana pun.



Selain Coutinho, ada nama-nama lain yang harganya turut melonjak menyusul transfer besar Neymar. Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

1 dari 6 halaman

Ousmane Dembele

5. Ousmane Dembele

Jendela transfer saat ini telah membuka celah-celah logika penggemar sepak bola modern. Neymar bisa dibilang saat ini mengundang kebencian terburuk saat kepindahannya ke Paris Saint-Germain diumumkan.

Namun, saat Ousmane Dembele absen dari latihan Dortmund, penggemar Barcelona sangat senang saat merasa klub kesayangannya hampir mendatangkan pengganti Neymar yang sempurna. Ya.

Akan tetapi jelas, Dortmund tentu tak semudah itu melepas pemain berbakatnya itu. Bahkan, mereka langsung buru-buru keluarkan pernyataan resmi.

"Dembele tak bisa pergi dengan mudah karena melihat situasi pasar pasar transfer Eropa saat ini. Bayar € 150-200 juta atau tidak," tulis pernyataan Dortmund.

Meskipun tidak dapat disangkal bahwa Dembele salah talenta muda hebat di dunia. Tapi membayar begitu banyak uang untuk anak berusia 20 tahun terlalu berisiko.

2 dari 6 halaman

Philippe Coutinho

4. Philippe Coutinho

Seperti dijelaskan sebelumnya, Liverpool telah menolak tawaran € 100 juta untuk Coutinho. Sekarang, ini cukup bukti kalau The Reds baru mau melepas Coutinho dengan membuatnya menjadi pemain termahal kedua di dunia.

Coutinho jelas punya talenta besar. Dia bisa jadi pengganti sepada Andres Iniesta dan bahkan bisa dimainkan sejajar dengan Messi maupun Suarez. Tapi untuk mengatakan bahwa dia layak mendapat bayaran di atas € 100 juta terlalu berlebihan.

Tapi mau bagaimanapun inilah cara pasar saat ini. Neymar adalah pemain yang harganya paling terpengaruh oleh kesepakatan Neymar.

3 dari 6 halaman

Dele Alli

3. Dele Alli

Tanyakan kepada siapa saja, pemain Inggris mana yang punya talenta paling menarik di dunia ini dan, kecuali penggemar Manchester United,akan menjawab Dele Alli. Penampilannya belakangan ini kian menggila saja.

Alli tampak bakal jadi prospek lini tengah terbaik di dunia. Hanya masalah waktu sebelum banyaknya klub Eropa yang ingin datangkannya dengan harga yang jelas mahal.

Bahkan saat pasar lesu, pemain Inggris itu sudah pantas didatangkan biaya transfer terbesar. Kegentingan media di sekitar mereka selalu memainkan peran penting dalam mendorong harga pemain.

Kini dengan pasar seperti apa adanya, tidak mengherankan melihat Alli punya harga yang bisa saja mendekati harga Neymar. Juga, fakta bahwa Daniel Levy yang bertanggung jawab atas transfer membuat kasusnya semakin menarik.

4 dari 6 halaman

Paulo Dybala

2. Paulo Dybala

Ada begitu banyak harapan dari seorang Dybala. Bahkan, beberapa di antaranya menganggap Paulo Dybala adalah Messi berikutnya. Meskipun hampir tidak mungkin mencapai tingkat yang dimiliki Messi dalam 10 tahun terakhir ini, Dybala jelas akan punya harga besar.

Sebelum Paris Saint-Germain menghancurkan pasar transfer, sebenarnya Juventuslah yang memegang tag penjual pemain termahal di sepak bola. Hak itu setelah mereka melego Paul Pogba ke Manchester United dengan harga sekitar € 105 juta + 5 juta.

Meskipun hampir pasti bahwa catatan transfer Neymar tidak akan dipecahkan dalam waktu dekat, Juventus jelas bisa saja melakukan yag sama dengan Dybala. Penjualan Neymar bisa menambahkan € 50 juta lagi ke harga Dybala yang kini totalnya bisa mencapai 150 juta euro.

5 dari 6 halaman

Kylian Mbappe

1. Kylian Mbappe

Jelas, Mbappe akan masuk daftar ini. Sebab, sebelum Neymar berhagra 222 juta euro, dia sudah dibanderol dengan harga 100 juta eurio.

Kini, harga Kylian Mbappe telah meningkat sekitar 180 juta euro, sehingga sesuatu yang kurang dari € 150 juta untuknya sepertinya sangat murah. Ini adalah taktik hebat yang dilakukan oleh Monaco. Mereka membocorkan harga ke publik untuk mendapatkan pembeli potensial.

Fakta Neymar telah dibayar PSG dengan € 222 juta, sesuatu yang kurang dari € 200 juta akan merasa seperti tak berarti. Akankah Mbappe bisa seharga itu? Tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola sehingga harga fantastis Mbappe pun bisa saja ditebus. (I. Eka Setiawan)

Artikel Selanjutnya
Manajer MU: Gara-Gara Neymar, Harga Pemain Melambung Tinggi
Artikel Selanjutnya
3 Klub yang Untung Besar pada Bursa Transfer Musim Panas