Sukses

Pedrosa Sengaja Mengalah di MotoGP Austria

Pedrosa enggan memaksa diri bertarung dengan Marquez dan Dovi pada MotoGP Austria.

Liputan6.com, Spielberg - Dani Pedrosa, pembalap Repsol Honda memiliki kesempatan bertarung demi podium juara MotoGP Austria 2017, Minggu (13/8/2017). Namun, Pedrosa mengaku sengaja menurunkan kecepatan.

Membandingkan seluruh seri awal musim, MotoGP Austria menjadi salah satu balapan yang menghadirkan pertarungan sengit. Tak tanggung-tanggung, duel di Sirkuit Red Bull Ring itu tak hanya melibatkan dua atau tiga pembalap, tapi tujuh.

Namun, hanya dua pembalap yang secara konsisten bertarung di barisan depan. Mereka adalah pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Sedangkan Pedrosa sempat meramaikan pertarungan beberapa saat.

Pada 10 lap terakhir, ia berulang kali mampu mendekati Dovizioso dan Marquez. Sayang, mendekati akhir balapan, kecepatannya malah menurun.

"Ini adalah balapan yang cukup menarik bagi saya karena strategi berjalan dengan baik. Pada awalnya saya tidak terlalu cepat, tapi saya tidak membuat kesalahan hingga bisa menyalip beberapa lawan. Selangkah demi selangkah saya menemukan kecepatan dan merasa lebih baik," ungkap Pedrosa, dikutip Speedweek.



Pedrosa yang baru meraih satu kemenangan di MotoGP 2017 itu melanjutkan, "Ketika tiba di nomor ketiga, saya senang, tapi kemudian bertarung dengan dua di depan saya. Saya begitu dekat, tapi ban belakang saya begitu banyak berputar. Saya tak lagi punya daya untuk menyerang mereka."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Mendekat

Pada akhirnya, pembalap asal Spanyol itu finis podium ketiga. Catatan waktunya terpaut 2,661 detik dari Dovizioso yang merebut podium juara dengan waktu 39 menit 43,323 detik.

Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa saat mulai mendekati laju Marc Marquez dan Andrea Dovizioso pada MotoGP Austria 2017. (Jure Makovec / AFP )

Ini adalah podium ketujuh Pedrosa pada kompetisi musim ini. Tambahan 16 poin pun membawa pembalap berusia 31 tahun itu lebih dekat dengan para rival. Duduk di urutan kelima dengan raihan 139 poin, Pedrosa hanya terpaut dua poin dari Valentino Rossi dan 11 poin di belakang Maverick Vinales.

"Secara keseluruhan, saya sangat senang bagaimana menyelesaikan akhir pekan ini dan berada di podium. Ini adalah akhir pekan yang sulit. Saya begitu banyak mendapat kesulitan dan tak memiliki perasaan tepat," tegas Pedrosa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.